nusabali

Tim Basket Putra TC di Australia

Target Pertahankan Emas SEA Games

  • www.nusabali.com-tim-basket-putra-tc-di-australia

JAKARTA, NusaBali
Tim Basket putra Indonesia melakukan pemusatan latihan di Australia sekaligus uji coba tanding dengan tim Liga Basket Australia atau NBL1 agar bisa mempertahankan emas yang diraih pada SEA Games di Hanoi.

“Kami ingin mempertahankan medali emas yang telah kami raih di SEA Games Hanoi lalu. Untuk itu kami butuh lakukan persiapan terbaik. Itulah kenapa kami kembali ke Australia yang bolabasketnya sudah level dunia,” kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Selasa (4/4).

Pemusatan latihan atau Training Camp (TC) di Australia ini pernah dilakukan oleh timnas saat mempersiapkan kompetisi di ajang SEA Games 2021 Hanoi Vietnam yang diselenggarakan pada 2022. Kala itu, persiapan di Australia mampu mendongkrak performa timnas hingga akhirnya mampu merebut medali emas di SEA Games Hanoi setelah mengalahkan Filipina.

Tahun ini persiapan kembali dilakukan di Australia karena misi timnas putra di SEA Games 2023 Kamboja ditargetkan bisa mempertahankan perolehan medali emas pada SEA Games sebelumnya di Hanoi. Dalam TC kali ini, Danny mengatakan bukan hanya untuk mempersiapkan timnas putra dalam menatap SEA Games Kamboja. Namun dia juga berharap akan ada atlet Indonesia yang dilirik klub NBL1 ataupun NBL untuk berkiprah di Australia.

“Saya berharap kerja sama antara Perbasi, NBL dan NBL 1 langgeng. Harapannya, kelak bisa melihat pemain Indonesia main untuk tim NBL atau NBL1,” kata Danny.

Pelatih timnas putra Indonesia Milos Pejic mengatakan Australia dipilih sebagai tempat menempa tim karena berlatih di sana bukan hal baru. Tahun lalu, sepanjang Juni 2022 Timnas melakukan uji coba dengan 10 tim NBL1. “Di sana kami memiliki sistem kami. Saya sangat senang. Di sana kami akan mainkan sembilan pertandingan. Sebanyak 15 pemain yang dibawa akan dievaluasi setelah delapan atau sembilan pertandingan itu,” ucap Milos.

Sementara itu tim-tim Liga Basket Australia NBL1 menyambut kedatangan  Timnas basket putra Indonesia. "Kami sangat senang menyambut kembali timnas putra Indonesia ke Australia. Tahun lalu merupakan kedatangan yang besar, penonton via daring meroket dan itu hal yang bagus untuk melihat pertumbuhan perhatian global pada NBL1," kata General Manager NBL1 Dean Anglin.

Timnas putra akan berlatih sekaligus uji coba menghadapi tim basket NBL1 sejak 4 hingga 24 April mendatang. "Timnas Indonesia memilih negara kami dan liga basket kami untuk persiapan SEA Games, ini menunjukkan NBL1 sudah cukup dipandang," katanya.

Para pemain timnas putra yang mengunjungi Australia akan menjalani 18 latihan dan sembilan kali pertandingan melawan tim basket NBL1. Sebanyak 15 pemain diboyong ke Australia dan akan dievaluasi oleh pelatih timnas Milos Pejic di akhir lawatan guna seleksi untuk skuad SEA Games.*ant

Skuad Tim Basket Putra TC Australia:
1. Andakara Prastawa
2. Widyanta Putra Teja
3. Yudha Saputera
4. Jerome Anthony Beane
5. Muhamad Arighi
6. Yesaya Saudale
7. Althof Dwira Satrio
8. M Sandy Ibrahim Aziz
9. Juan Laurent Kokodiputra
10. Dame Diagne
11. Kaleb Ramot Gemilang
12. Vincent Kosasih
13. Lester Prosper
14. Kelvin Sanjaya
15. Julian Chalias

Komentar