nusabali

Gung Manik Kembali Raih Emas, Indonesia Peringkat 5 SEA Vovinam

  • www.nusabali.com-gung-manik-kembali-raih-emas-indonesia-peringkat-5-sea-vovinam

JAKARTA, NusaBali - Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan (Gung Manik) meraih emas lagi.

Tambahan satu emas itu membuat tim Vovinam Indonesia di peringkat lima dari tujuh negara yang mengikuti South East Asian (SEA) Vovinam Championship 2023, di Kompleks The Royal University of Phnom Penh, Kamboja, pada 25-30 Maret. 

Sebelumnya Gung Manik meraih medali emas di katagori Yin Yang Sword Form Female. Sedangkan peringkat enam diperoleh setelah tim Indonesia meraih tiga medali emas dan 16 perunggu, sehingg total tim vovinam Indonesia membawa pulang 19 medali.

"Medali emas terakhir disumbang Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan (Gung Manik) di Dragon Tiger Form pada Rabu (29/3)," kata asisten manajer tim Vovinam Indonesia Made Nurbawa , Jumat (31/3). 

Sebelumnya, tim vovinam Indonesia telah mendapatkan dua medali emas pada Selasa (28/3). Emas berasal Ni Made Purnami yang berpasangan dengan Putu Wahana Maha Yoni di Pair Knife Form Female serta Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan di Yin Yang Sword Form Female. 

"Jadi, Gung Manik mendapatkan dua medali emas," ucap Made Nurbawa. Menurut Nurbawa, dalam SEA Vovinam Championship 2023 ini target belum tercapai. Dari target empat emas hanya meraih tiga emas. Artinya, kata Nurbawa, perlu persiapan lebih matang lagi dan perubahan strategi. Kemudian memperbaiki kelemahan fisik.

Fisik, kata Nurbawa, memegang peranan penting. Apalagi, di nomor laga. Sebab, banyak gerakan yang membutuhkan kelincahan dan kecepatan saat loncat maupun jatuhan. Oleh karena itu, sekembalinya dari Pra SEA Games, para atlet vovinam segera latihan kembali  dan tak mengalami perubahan di bulan Ramadhan, tiap pagi dan sore. 

Di SEA Vovinam Championship, Indonesia hanya bermain di nomor seni. Sedangkan di SEA Games, kata Nurbawa, Indonesia akan menurunkan atlet di kategori laga. Tujuannya, agar menambah perolehan 1-2 medali emas dari nomor laga .

Sedangkan pertinkat pertama ditempati tuan rumah Kamboja dengan 10 medali emas, 9 perak dan 10 perunggu. Posisi kedua Vietnam (9 emas, 11 perak), ketiga Myanmar (5 emas, 4 perak dan 19 perunggu), dan keempat Thailand (3 emas, 5 perak dan 4 perunggu).

Melihat posisi tersebut, Kamboja, Vietnam, Myanmar dan Thailand menjadi lawan kuat bagi atlet Indonesia di SEA Games 2023. k22

Komentar