nusabali

BLiP Academy Ciptakan Iklim Belajar Baru Melalui Kelas Industri Bersama SMK Dwijendra Denpasar

  • www.nusabali.com-blip-academy-ciptakan-iklim-belajar-baru-melalui-kelas-industri-bersama-smk-dwijendra-denpasar
  • www.nusabali.com-blip-academy-ciptakan-iklim-belajar-baru-melalui-kelas-industri-bersama-smk-dwijendra-denpasar

DENPASAR, Nusabali.com - Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengajak para ahli di dunia industri untuk bersama membawa pembaharuan dalam menghadapi tantangan sistem pendidikan di Indonesia, yaitu, ketidakselarasan sistem pendidikan dengan kebutuhan industri.

Ketidakselarasan tersebut terjadi karena pendidikan di Indonesia secara komprehensif belum memenuhi standar yang dibutuhkan dunia industri. Sehingga lulusan yang dihasilkan harus membutuhkan waktu yang cukup lama dalam beradaptasi, sedangkan industri tentunya mencari kandidat yang siap kerja, dan mampu mengimplementasikan teori dengan baik. 

Salah satu perusahaan ICT (Internet Communication Technology) yang turut serta mendukung program pemerintah adalah PT BLiP Integrator Provider, melalui program unggulan BLiP Academy. 

Pada 16 Januari 2023 hingga 15 Februari 2023, BLiP diberikan kepercayaan kepada SMK Dwijendra Denpasar untuk mengadakan program kelas industri selama 2 bulan. Kelas ini diikuti oleh para siswa kelas 11, dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Selama kelas industri para siswa dapat belajar dan praktek langsung didampingi oleh praktisi ahli dari BLiP. 

Modul yang diajarkan pada kelas Industri sangat kompleks karena disesuaikan dengan keahlian yang paling penting dan harus dimiliki oleh para siswa antara lain pengenalan perangkat (backbone user), detail komponen kabel twisted pair, pemasangan kabel twisted pair cat 5 dan cat 6, IP address v4+ subnetting, pengenalan perangkat wireless indoor and outdoor, setting perangkat wireless, internet protocol.

Selanjutnya, dasar-dasar mikrotik, setting network address translation, pemasangan kabel FO, switch manage dan unmanage, konfigurasi hotspot, setting user manager, pengenalan routing dinamis dan statis, konfigurasi switch manage, konfigurasi router dan tunnling, dan diakhiri dengan ujian praktek dengan 3 sesi pertama penyambungan kabel FO, basic configuration dan routing mikrotik. 


“Antusiasme para siswa dalam menghadiri program kelas industri mendorong mereka untuk memiliki pemahaman lebih kompleks dan menguasai banyak ilmu secara teoritis dan praktis. Sehingga nantinya diharapkan mereka menjadi lulusan yang berkompeten dan siap kerja,” terang Sofian Hadi selaku Corporate Marcomm PT BLiP Integrator Provider.

Memang tidak mudah menjadi lulusan pendidikan vokasi, karena dituntut menyeimbangkan teori dan praktis. Melalui program kelas industri dapat memberikan impact kepada siswa dalam mempersiapkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian mereka agar menjadi SDM unggul di Indonesia. Sebab lulusan pendidikan vokasi harus mampu menjawab tantangan perkembangan zaman terutama teknologi digital yang akan terus mengalami perubahan.

“Sangat senang bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di Kelas Industri bersama BLiP, karena saya mendapatkan pengalaman dan ilmu yang luar biasa dari para mentor,” ujar Anggriya Aryananda, salah satu siswa SMK Dwijendra Denpasar.

BLiP Academy memiliki 10 prioritas program yang dapat diikuti oleh siswa, mahasiswa, maupun dosen. Program tersebut diantaranya Link and match, Praktisi Mengajar, Kelas Industri, On The Job Training, Mari Magang, One Day Seminar/Workshop, CSR #DoGood, CSV #DoLearn, Kunjungan Industri dan Professional Class. 

Siapkah kamu untuk berkontribusi memajukan sistem pendidikan di Indonesia? Mari berkolaborasi bersama BLiP Academy. Segala pertanyaan mengenai program BLiP Academy bisa menghubungi WhatsApp 0815 8600 0091 atau datang ke kantor BLiP Digital Center; Unit Komersil Block Broadway 2 No. 11 Istana Kuta Galeria Jl. Patih Jelantik Kuta, Badung - Bali 80361 atau kunjungi website di blipacademy.id 

Komentar