nusabali

Guru Besar IPB Kunjungi Gianyar

Cek Program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan

  • www.nusabali.com-guru-besar-ipb-kunjungi-gianyar

TKM Desa Sidan pamerkan keripik singkong, keripik talas, mie kelor, VCO, dan beras organik.

GIANYAR, NusaBali

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) berkunjung ke Pemkab Gianyar, Minggu (26/2). Rombongan diterima Bupati Gianyar I Made Mahayastra dan Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani. Pimpinan rombongan, Dr Zaenal Effendi mengatakan kunjungan ini terkait program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan tahun 2023 di Kabupaten Gianyar.

Dr Zaenal Effendi mengatakan, dari 20 kabupaten yang melaksanakan perluasan kawasan tenaga kerja mandiri, Kabupaten Gianyar yang mampu menjalankannya dengan baik. “Kami sangat mengapresiasi kinerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar karena telah melaksanakan Program Kemenaker dengan sangat baik. Hasilnya sangat positif dan dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Dr zaenal Efffendi. IPB sebagai pendamping program perluasan kesempatan kerja, mitra dari Kementerian Ketenagakerjaan RI datang untuk mengunjungi lokus padat karya dan kelompok tenaga kerja mandiri (TKM) Kabupaten Gianyar.

Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani mengatakan, Gianyar termasuk dari 20 kabupaten se-Indonesia yang melaksanakan program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. Dengan pameran tenaga kerja mandiri akan mampu mempromosikan produk olahan dari TKM di Kabupaten Gianyar ke seluruh Indonesia. TKM binaan Disnaker Gianyar memamerkan berbagai produk olahan. TKM Desa Sidan pamerkan keripik singkong, keripik talas, mie kelor, VCO, dan beras organik.

TKM Desa Bakbakan pamerkan bumbu rajang kering, bumbu bawang, keripik ayam, keripik pare, dan olahan pisang menjadi bolu. TKM Desa Lebih menjamu tim pendamping dari IPB dengan olahan ikan hasil tangkapan nelayan Desa Lebih. Guru besar IPB memborong hasil olahan TKM Gianyar. Dayu Surya Adnyani berharap, ke depan TKM bisa mengembangkan produknya dalam marketing sehingga bisa meningkatkan daya jual produk.

Selain diterima di kantor Bupati Gianyar, Guru Besar IPB juga diajak mengunjungi Puspa Aman Desa Sukawati dan store Dekranasda Kabupaten Gianyar di Pasar Seni Sukawati Blok B, Senin (27/2). Dayu Surya Adnyani berharap ke depan program serupa lebih banyak dilaksanakan di Kabupaten Gianyar guna meningkatkan ketrampilan tenaga kerja. Pada tahun 2022, Gianyar mendapatkan program TKM berbasis kawasan sebanyak 10 paket, reguler 3 paket, dan padat karya sebanyak 2 paket. “Semoga tahun ini dapat lebih banyak lagi,” harap Dayu Surya Adnyani.

Bupati Gianyar Made Mahayastra menyampaikan ucapan terima kasih atas penetapan Kabupaten Gianyar sebagai satu-satunya Kabupaten di Bali sebagai penerima program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan tahun 2022. “Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Gianyar untuk meng-up skill SDM Gianyar,” ujar Bupati Mahayastra. *nvi

Komentar