nusabali

Disperindag ‘Wajibkan’ 68 OPD Belanja di PRG

  • www.nusabali.com-disperindag-wajibkan-68-opd-belanja-di-prg
  • www.nusabali.com-disperindag-wajibkan-68-opd-belanja-di-prg
  • www.nusabali.com-disperindag-wajibkan-68-opd-belanja-di-prg

Eka Suary mengklaim ada perputaran ekonomi mencapai Rp 300 juta saat operasi pasar.

GIANYAR, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar menggelar operasi pasar jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan di pelataran sebelah barat Pasar Rakyat Gianyar, Jumat (30/12). Disperindag mengarahkan para pedagang Pasar Rakyat Gianyar (PRG) jualan di pelataran. Para ASN, tenaga kontrak, dan harian lepas dari 68 organisasi perangkat daerah (OPD) ‘diwajibkan’ berbelanja ke PRG.

Kadisperindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary mengungkapkan, Disperindag biasanya bekerja sama dengan Bulog. Namun pada operasi pasar kali ini Disperindag memberdayakan pedagang di PRG untuk berjualan. Operasi pasar ini dapat membantu pedagang untuk menjual komoditi dagangannya. “Ini juga membantu pedagang menjual dagangannya, tentu dengan harga yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat,” jelas Eka Suary. Dengan harga yang stabil, Eka Suary yakin dapat menekan inflasi, terlebih menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. 


Memastikan ada yang berbelanja, Disperindag melibatkan 68 OPD di lingkungan Pemkab Gianyar. Mulai dari ASN, tenaga kontrak. hingga harian lepas 'diwajibkan' berbelanja. Masyarakat umum juga tampak ramai berbelanja. Eka Suary mengklaim ada perputaran ekonomi mencapai Rp 300 juta. Mengantisipasi membeludaknya pengunjung, Disperindag Gianyar mengirimkan list harga dan jenis komoditi ke OPD untuk dipesan. Dari hasil rekapitulasi pesanan, lebih dari 7.500 komoditi telah terpesan dengan nominal di atas Rp 150 juta. 

“Ditambah dengan yang berbelanja langsung hari ini, saya yakin perputaran uangnya mencapai Rp 300 juta. Jika barang yang dicari tidak ada di stand, kami langsung arahkan pengunjung masuk ke pasar untuk berbelanja,” jelas Eka Suary. Senada dengan Eka Suary, Penjabat Sekda Gianyar Dewa Alit Mudiarta mewakili Bupati Gianyar berharap operasi pasar dapat membantu memutar perekonomian masyarakat. “Untuk pengunjung jika barang yang dicari tidak ada di stand, silakan masuk dan naik ke PRG untuk membeli kebutuhan sembari melihat situasi pasar,” saran Dewa Alit Mudiarta. 7 nvi

Komentar