nusabali

Polres Gianyar Cek Takaran Volume BBM

  • www.nusabali.com-polres-gianyar-cek-takaran-volume-bbm

Petugas memantau pengisian BBM oleh petugas SPBU ke kendaraan pembeli.

GIANYAR, NusaBali
Anggota Unit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Gianyar melaksanakan pemantauan dan pengecekan takaran volume BBM di 30 SPBU yang tersebar di 7 kecamatan wilayah Kabupaten Gianyar. Anggota Polres Gianyar bekerja sama dengan petugas pengawas dari Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar. Tujuannya, mencegah terjadinya potensi kecurangan dalam pendistribusian bahan bakar minyak (BBM).

Petugas melakukan pengawasan menyasar 3 SPBU di Kecamatan Gianyar, 5 SPBU di Kecamatan Blahbatuh, 9 SPBU di Kecamatan Sukawati, 2 SPBU di Kecamatan Payangan, 7 SPBU di Kecamatan Ubud, 1 SPBU di Kecamatan Tegalalang, dan 3 SPBU di Kecamatan Tampaksiring. Kapolres Gianyar, AKBP Ketut Widiada, menjelaskan pengecekan volume BBM di 30 SPBU dilakukan sejak beberapa hari terakhir menjelang mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. “Kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang dilakukan oleh pihak SPBU. Petugas melaksanakan monitoring terhadap proses pengisian BBM oleh petugas SPBU ke kendaraan pembeli,” ungkap AKBP Widiada, Senin (8/4). 

Petugas juga melakukan pengecekan terhadap takaran BBM untuk antisipasi adanya kecurangan volume BBM yang keluar dari mesin cor SPBU. Mengimbau pengawas maupun petugas jaga SPBU untuk tidak melakukan praktek-praktek kecurangan yang merugikan konsumen atau masyarakat sehingga menimbulkan gangguan kamtibmas. Setelah melakukan pengecekan bersama dengan pengawas dari Metrologi Legal Disperindag Gianyar terhadap seluruh SPBU di wilayah Kabupaten Gianyar, tidak ditemukan adanya pengurangan takaran. SPBU yang diawasi telah bertanda tera sah yang berlaku dan hasil pengujian telah sesuai peraturan yang berlaku. 7 nvi

Komentar