nusabali

Libur Nataru, Pantai Pandawa 'Diserbu' Wisatawan

  • www.nusabali.com-libur-nataru-pantai-pandawa-diserbu-wisatawan

MANGUPURA, NusaBali
Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), objek wisata Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ‘diserbu’ wisatawan.

Dalam catatan pihak pengelola, wisatawan yang berkunjung selama kurang lebih sepekan terakhir tembus 52.000. Pengelola Objek Wisata Pantai Pandawa I Wayan Letra, mengatakan selama libur Nataru pergerakan wisatawan naik signifikan. Dalam catatan sejak 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 atau selama sepekan lebih, objek wisata yang memiliki ciri khas tebing tinggi itu dikunjungi 52.177 wisatawan. “Kurang lebih delapan hari saat libur Nataru, wisatawan yang datang cukup banyak. Dominan yang berkunjung wisatawan domestik (wisdom),” katanya, Jumat (5/1).

Dijelaskan, selama momentum tersebut pihaknya menerapkan tarif Rp 20.000 per wisatawan yang masuk. Tarif masuk itu naik dari biasanya yang hanya Rp 8.000 per wisatawan dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan. Dia mengatakan tarif itu sengaja diterapkan karena wisatawan yang berkunjung akan menikmati semua fasilitas dan atraksi yang ada di dalam kawasan. Adapun fasilitas dan atraksi yang disuguhkan mulai dari pertunjukan Tari Barong, Kecak, dan berbagai hiburan lainnya sesuai rundown yang sudah ditetapkan. “Jadi semua wisatawan baik domestik maupun internasional semua sama. Ya, itu hanya berlaku selama delapan hari (25 Desember 2022- 1 Januari 2023),” jelas Wayan Letra.

Masih menurut dia, dalam catatan tersebut lonjakan pengunjung yang datang berwisata ke Pantai Pandawa terjadi pada 1 Januari, yakni tembus 12.232. “Tertinggi saat tahun baru itu. Dua kali lipat dari hari biasanya. Lonjakan cukup signifikan saat itu,” kata Wayan Letra seraya mengakui tidak mencatat seluruh kendaraan yang masuk, karena sudah termasuk dalam promo yang diberlakukan.

Untuk saat ini dan seterusnya, lanjut Wayan Letra, tarif masuk kembali normal yakni Rp 8.000 per pengunjung ditambah Rp 2.000 untuk kendaraan. Dia juga tidak menampik kalau promosi semacam itu menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati liburan di Pantai Pandawa. “Wisatawan cukup antusias dan menikmati semua pertujukan yang ada di dalam kawasan,” tegasnya. *dar

Komentar