nusabali

Tahun Baru, Kodim Atensi Kawasan Baturiti dan Kediri

  • www.nusabali.com-tahun-baru-kodim-atensi-kawasan-baturiti-dan-kediri

TABANAN, NusaBali
Kodim 1619 Tabanan kerahkan 200 personel untuk pengamanan malam tahun baru.

Ada dua lokasi wilayah wisata yang menjadi atensi pengamanan, yakni, Kecamatan Baturiti dan Kecamatan Kediri.  Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufik Hasan, mengatakan pengamanan tahun baru nanti pihaknya berkolaborasi dengan Polri, Dinas Perhubungan, serta Satpol PP Tabanan. Ada 200 personel dikerahkan untuk pengamanan tersebut. “Pastinya pengamanan ini bersinergi dengan Polri, Satpol PP. Sudah dibangun pos di jalur tertentu,” ujarnya, Selasa (27/12).

Kata dia pengamanan nanti difokuskan pada kawasan Kecamatan Baturiti dan Kecamatan Kediri. Dua lokasi ini adalah jalur wisata, diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah pengunjung. “Tahun sekarang kondisi berbeda dibandingkan sebelumnya, kunjungan ke arah wisata meningkat pada akhir tahun ini,” kata Letkol Riza.

Selain pengamanan di pos wisata, personel Kodim dan Koramil akan turun ke daerahnya masing-masing. Mereka akan melakukan pemantauan aktivitas warga di desa-desa. Kemudian, pihaknya juga akan menggelar patroli dengan menaiki motor berkeliling ke kantong-kantong masyarakat, merayakan pergantian tahun. “Mungkin nanti kami akan berkolaborasi dengan Kapolres dan Forkopimda,” imbuhnya.

Selain pengamanan, untuk di 2023 mendatang, berbagai program juga akan dilaksanakan Kodim 1619/Tabanan. Seperti meneruskan program dari Kodam IX/Udayana dan Korem 163/Wirasatya, untuk bedah RTLH (rumah tidak layak huni). Kemudian, program lainnya pemantauan ketahanan pangan.

Program ini secara garis besar adalah bagaimana ketika tidak ada padi, maka masyarakat akan bisa bertahan. Apabila tidak ada padi, bisa menanam jagung, ubi, dan pelihara ikan atau babi. Atau pemeliharaan sapi dan kambing.

“Yang penting bisa untuk bertahan hidup. Dan program ini, tidak bisa dilaksanakan individu. Jadi harus dilakukan bersama-sama dengan pemerintah dan instansi lainnya,” tandas Letkol Riza. *des

Komentar