nusabali

Gedung DPRD Bangli Siap Ditempati

  • www.nusabali.com-gedung-dprd-bangli-siap-ditempati

BANGLI, NusaBali
Pembangunan gedung DPRD Bangli dilakukan bertahap. Tahun ini gedung berlantai tiga ini akan segera ditempati.

Rencana untuk proses serah terima hasil pekerjaan dari kontraktor kepada Pemkab Bangli, akan dilakukan Rabu (28/12).

Sekretaris DPRD Bangli Nasrudin mengatakan gedung DPRD Bangli saat ini sudah representatif dibandingkan gedung sebelumnya. Gedung tiga lantai ini memiliki beberapa ruang. Lantai I untuk ruangan secretariat, masing-masing kepala bagian, ruang sekretaris DPRD, hingga ruang rapat atau ruang pertemuan. Ada pula ruangan alat kelengkapan dewan (AKD), meliputi ruang Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), ruang Badan Anggaran (Banggar), ruang Badan Musyawarah (Bamus).

Di lantai II terdapat ruang pimpinan, diantaranya ruang Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD. Selain itu, ruang komisi-komisi, ruang rapat pimpinan, dan ruang Badan Kehormatan (BK). Sedangkan untuk lantai III terdapat ruang humas, ruang rapat kerja komisi, dan ruang sidang paripurna.

Di sisi lain, serah terima sementara pekerjaan akan dilakukan pada 28 Desember 2022. Terakit adanya beberpa bagian yang perlu dilakukan penyempurnaan, bisa dilakukan dalam masa pemeliharaan. Masa pemeliharaan selama 180 hari, jika terjadi kerusakan atau penyempurnaan masih jadi tanggung jawab rekanan. "Pembangunan sudah rampung, kami juga telah dilakukan  proses pemindahan barang-barang sejak sepekan terakhir," ungkapnya, Senin (26/12).

Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika menyampaikan, pembangunan awal Gedung ini fokus pada struktur bangunan dengan anggaran Rp 11 miliar lebih. Harga tender disepakati Rp 8 miliar lebih. Kegiatan pembangunan dilanjutkan pada Juni 2022, untuk tahap finishing. Tahap ini meliputi pemasangan interior, furniture, dan sebagainya. Anggaran pembangunan tahap kedua Rp 14,5 miliar, dan proses tender kegiatan ditawar  Rp 11,5 miliar.

"Jika dilihat proses pembanguan gedung sudah tuntas, namun untuk penataan pertamanan dan tembok panyengker akan dianggarkan tahun 2023. Memang perlu dilakukan penataan taman sehingga gedung akan kelihatan lebih asri,” jelasnya.*esa

Komentar