nusabali

Puluhan Siswa SMA PGRI Praktik Spa

  • www.nusabali.com-puluhan-siswa-sma-pgri-praktik-spa

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan siswa kelas X SMA PGRI Amlapura mengikuti praktik bidang spa. Praktik ini nantinya agar para lulusan bisa jadi bekal sebelum terjun ke dunia industri pariwisata.

Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik terjun langsung memberikan arahan untuk kegiatan itu di SMA PGRI, Jalan Sudirman Amlapura, Jumat (23/12). Siswa SMA PGRI diberikan keterampilan spa, menurut I Ketut Jelantik, karena di sekolah itu dapat mata pelajaran plus pariwisata. Sehingga setamat sekolah, lulusan bisa bekerja di dunia industri pariwisata.

Menurut Ketut Jelantik spa merupakan salah satu kebutuhan dunia pariwisata terutama di hotel-hotel yang selama ini telah tersedia jasa spa untuk wisatawan. Sebab, banyak manfaat spa apalagi buat wisatawan yang sebelumnya melakukan perjalanan jauh dari negaranya. Spa juga dibutuhkan turis sepulang dari mengikuti kegiatan tour. Karena mereka kecapaian untuk mendapatkan kebugaran fisik memerlukan jasa spa.

Manfaat spa, katanya, bisa meredakan sakit dan nyeri, membuat tidur lebih nyenyak, membantu anti penuaan, memperbaiki sirkulasi peredaran darah, membuat kulit lebih segar dan bercahaya, membantu tubuh, dan pikiran lebih rileks.

Beberapa jenis perawatan spa, facial treatments (perawatan kulit), body massage (perawatan badan), maxing, aroma therapy, care treatments, hair spa and mask (perawatan rambut dan wajah).

"Bahan-bahan untuk ramuan spa itu alami, sangat cocok untuk Kesehatan. Terutama wisatawan yang baru datang dari negaranya. Mereka amat suka memanfaatkan jasa spa ini," katanya.

Setiap siswa jelas Ketut Jelantik, wajib memahami ketrampilan spa, baik siswa putra maupun putri. Spa salah satu keterampilan didapatkan siswa, selain tata boga, front office, laundry, restoran dan ketErampilan lainnya. Siswa juga wajib memahami komunikasi menggunakan bahasa Inggris, dengan baik dan benar. Karena bahasa Ingris adalah modal pokok untuk bekerja di pariwisata.

Di bagian lain, Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Karangasem I Wayan Kariasa mengatakan, industri pariwisata masih sangat memerlukan jasa salon kecantikan spa. Jasa spa sangat penting ada di hotel, restoran atau salon kecantikan. "Wisatawan bisa menikmati kebugaran fisik melalui massage spa, setelah bepergian jauh, maka akan kembali fresh. Apalagi bahan-bahan spa ini alami," jelasnya. *k16

Komentar