nusabali

Tiga Daerah Diprediksi Mendominasi Cabor Biliar

  • www.nusabali.com-tiga-daerah-diprediksi-mendominasi-cabor-biliar

DENPASAR, NusaBali
Tiga daerah dinilai masih mendominasi cabang olahraga biliar pada Porprov Bali XV/2022, di RBC Renon, Denpasar, sejak Jumat (18/11) hingga Sabtu (26/11).

Dominasi ketiga daerah itu, yakni Badung, Gianyar, dan Buleleng mengacu hasil perolehan medali pada Porprov sebelumnya. Sedangkan Karangasem siap merebut dua emas dari total 16 emas yang diperebutkan.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Bali, Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa mengatakan, berkaca dari hasil Porprov Bali XII/2015 di Buleleng, Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar, dan Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan, tiga daerah tersebut di atas masih masih mendominasi. Bahkan Gianyar dan Badung sempat bergilir jadi peraih emas terbanyak. Sedangkan perkembangan biliar daerah lainnya mulai bagus.

Nah, untuk Porprov tahun ini, kata Laksmu Duarsa, ada penambahan tiga medali emas, dari 13 emas menjadi 16 emas. Tambahan itu di double putri, bola 10, dan english poin. Sedangkan pelaksanaannya selama 8 hari  atau  26 November mendekati penutupan.

"Kita hanya libur bertanding pada saat pembukaan saja, makanya biliar memakan waktu yang cukup panjang durasi bertandingnya," tutur Laksmi Duarsa, usai membuka pertandingan biliar dengan pukulan bola pertama.

Laksmi Duarsa menambahkan yang berprestasi itu bukan atlet peraih medali saja, tetapi mereka yang berproses juga sudah luar biasa. Apalagi Porprov kali ini cukup berbeda dengan sistem gotong royong dan kabupaten/kota yang ikut melaksanakan.

Sementara itu Ketua Pengkab POBSI Karangasem Nyoman Suardiana berharap dari enam atlet yang diturunkan itu mampu meraih dua medali emas. Dia berharap keenam atlet itu tampil maksimal dan menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk merealisasikan target dua medali emas.

Enam atlet biliar Karangasem itu, yakni Anthea Carmen Bidood, Aurora Chaka Ari, I Gusti Bagus Pani Pani Setiawan, I Gusti Lanang Putra Prawira, Agus Salim, dan I Komang Adiasa.

Sedangkan daerah peserta cabor biliar, yakni  Badung dengan 11 atlet, Bangli 5 atlet, Buleleng 3 atlet, Gianyar 13 atlet, Jembrana 6 atlet, Karangasem 6 atlet, Denpasar 7 atlet, Klungkung 7 atlet, dan Tabanan 13 atlet. Jadi total  berjumlag 71 atlet. *dek

Komentar