nusabali

Bali Tuan Rumah Pra PON Rugby

  • www.nusabali.com-bali-tuan-rumah-pra-pon-rugby

Sempat ditawari sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional, namun Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali lebih memilih menjadi tuan rumah Pra PON pada 2023 mendatang.

DENPASAR, NusaBali

Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali diproyeksikan menjadi tuan rumah Pra PON. Dipilihnya Bali menjadi tuan rumah gelaran tahun 2023 mendatang, diyakini memberikan keuntungan non teknis pada babak kualifikasi penentuan tiket PON.

Rugby sendiri dipastikan menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan pada ajang PON XXI/2024 di Aceh-Sumut. Namun sebelum pelaksanaan PON, wajib didahului dengan ajang Pra PON. "Pra PON itu untuk penentuan kuota daerah siapa saja yang boleh tampil di ajang PON nanti," kata Ketua Umum Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali, I Made Erawan, Selasa (8/11).

Bali awalnya mendapat dua pilihan untuk menggelar event nasional yakni Kejurnas maupun Pra  PON. Dari dua opsi tawaran PB PRUI tersebut, Erawan pun memilih tuan rumah Pra PON. Pria yang juga Ketua Pengkab Cricket Gianyar menyebutkan, dipilihnya tuan rumah Pra PON karena peluang meraih tiket lolos menuju PON 2024 semakin terbuka lebar selaku tuan rumah.

Erawan yang juga guru olahraga di SMK Silakarang Gianyar menyebutkan keuntungan akan didapat sebagai tuan rumah. Salah satunya tidak perlu adaptasi lagi dengan lapangan dan kondisi di tempat bertanding. Keuntungan lain kata dia, atletnya bisa lebih fokus ke fisik, teknik, dan strategi. Meskipun di satu sisi harus menyiapkan dan mensukseskan gelaran Pra PON di Bali, tetapi psikologis atlet akan jelas lebih terangkat saat main di rumahnya sendiri.

“Untuk lapangan sudah disiapkan tiga alternatif yakni di Lapangan Blahbatuh Gianyar, Lapangan Desa Buduk Mengwi, Badung, dan Lapangan Pupuan Tabanan. Lapangan tersebut sudah sesuai standar untuk menggelar Pra PON,” jelas Erawan.

Sebagai perbandingan, dari hasil PON XX/2021 di Papua, Bali kebagian medali perunggu di sektor rugby putri.  Sementara itu Kejurnas akan dilaksanakan di Jakarta pada 3 Desember 2022. Ajang Kejurnas dijadikan sebagai pemanasan sebelum turun di Pra PON. Adapun wakil Bali di Kejurnas, kemungkinan adalah juara Porprov. *dek

Komentar