nusabali

Polsek Kuta Utara Sukses Bertani Jagung Polisi Bersemi

  • www.nusabali.com-polsek-kuta-utara-sukses-bertani-jagung-polisi-bersemi

MANGUPURA, NusaBali.com – Polsek Kuta Utara berhasil mereproduktif lahan subur tak terpakai seluas 15 are di wilayah Subak Saih Munduk, Desa Tibubeneng dengan bertani jagung Polisi Bersemi.

Pada bulan Juli 2022 lalu, 8 bungkus bibit jagung jenis Betras 7 dan Jambore tersebut ditanam melalui program Polisi Bertani di Masa Pandemi (Bersemi) yang digodok Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes. Meskipun lahan seluas 15 are tersebut sempat tergenang air akibat cuaca ekstrem beberapa hari ini, panen raya akhirnya bisa dilaksanakan pada Jumat (21/10/2022) sore.

“Setelah menunggu tiga bulan, akhirnya jagung yang minim perawatan ini bisa dipanen walaupun sempat terendam setelah hujan deras,” ujar Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari di sela-sela acara panen raya.

Menurut Kapolres Badung AKBP Leo, panen raya jagung Polisi Bersemi kali ini merupakan kali ketiga di wilayah hukum Polsek Kuta Utara setelah sebelumnya terlaksana panen raya di Subak Daksina di Desa Tibubeneng dan Subak Uma di Desa Canggu.

Selain untuk mendekatkan jajaran di bawah Polres Badung dengan masyarakat khususnya petani, kata AKBP Leo, program Polisi Bersemi ini juga dimaksudkan untuk sedikit banyak berkontribusi terhadap ketersediaan pangan di Kabupaten Badung.

“Terima kasih kepada komponen masyarakat yang berperan dalam pencapaian program ini. Semoga dapat berkontribusi terhadap ketersediaan pangan di Kabupaten Badung,” tutur AKBP Leo usai memimpin panen raya.

Mengingat kondisi cuaca yang kurang menentu dengan curah hujan yang tinggi, ditambah kondisi lahan yang sering tergenang air, maka dari 15 are lahan tersebut belum semua bonggol jagung matang merata. Sehingga dari kegiatan panen raya tersebut, untuk sementara hanya 500 kilogram jagung yang berhasil dituai.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kapolsek Kuta Utara Kompol Diah, hasil dari panen raya ini akan dimanfaatkan untuk kegiatan sosial bagi warga yang membutuhkan di wilayah hukum Polsek Kuta Utara.

Mengingat saat ini banyak masyarakat yang terdampak cuaca ekstrem dan kenaikan harga BBM, maka hasil panen raya Polisi Bersemi ini akan disalurkan ke segmen masyarakat yang terdampak dua kondisi tersebut. *rat

Komentar