nusabali

Liga 1 Bergulir Lagi Tunggu Persetujuan FIFA

  • www.nusabali.com-liga-1-bergulir-lagi-tunggu-persetujuan-fifa

JAKARTA, NusaBali
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh mengungkapkan kompetisi Liga 1 2022/2023, Liga 2 2022/2023, dan Liga 3 2022 dapat kembali digelar jika tiga syarat terpenuhi.

Syarat pertama dan kedua, yakni bila format pengamanan serta sistem kompetisi tertata ulang. Syarat ketiga, yaitu mendapatkan persetujuan dari FIFA.

"Liga 1 berhenti dulu sampai format pengamanan dan sistem kompetisi tertata ulang dengan bagus. Namun kalau sudah baik, nanti menunggu persetujuan dari FIFA baru akan kami laksanakan lagi," ujar Ahmad Riyadh.

Ahmad Riyadh menjelaskan, PSSI terus berkoordinasi dengan FIFA pasca-tragedi Kanjuruhan yang merenggut ratusan nyawa. Perwakilan FIFA, Niko Nhouvannasak yang berperan sebagai FIFA Development Project Coordinator telah datang ke Indonesia dan bertemu dengan PSSI. Selain itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino juga akan mengunjungi Indonesia pada 18 Oktober 2022.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tak ingin kompetisi sepakbola Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 terhenti terlalu lama karena ia anggap hal itu akan menyulitkan klub dan pemain.

Namun Zainudin juga tidak dapat memastikan kapan kompetisi sepak bola nasional kembali bergulir di saat pemerintah masih mengaudit stadion yang biasa digunakan untuk pertandingan Liga 1.

Menurut Zainudin di laman resmi Kemenpora, nasib kompetisi menjadi hak PSSI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan sama-sama merumuskan sistem pertandingan yang akan diterapkan.

“Jadinya seperti apa nanti biarlah PSSI, pengelola kompetisi dan Polri yang merumuskan seperti apa. Posisi pemerintah hanya memfasilitasi dan membantu," kata Zainudin Amali.

Zainudin menegaskan pemerintah saat ini sedang fokus pada penyelesaian kasus dan penanganan korban Tragedi Kanjuruhan agar dapat tuntas secepat-cepatnya.

Kompetisi di Indonesia yang terdiri dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 dihentikan sementara waktu setelah mendapatkan perintah dari Presiden Jokowi. Jokowi juga berencana membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dengan FIFA dan AFC akibat tragedi Kanjuruhan.

Sementara itu, perwakilan FIFA Niko Nhouvannasak mengungkapkan, kedatangannya di Indonesia untuk memberikan support kepada PSSI atas Tragedi Kanjuruhan.

Ya, tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 menyebabkan 131 orang tewas. Insiden itu terjadi usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023.

Tak hanya itu, kedatangan Niko ke Indonesia juga untuk mengumpulkan data dan memeriksa situasi yang terjadi saat tragedi Kanjuruhan. Menurut Niko, pihaknya FIFA dan PSSI sedang menyusun rencana aksi yang konkret dan timeline untuk memastikan seluruh persiapan berjalan dengan tepat agar kompetisi di Indonesia segera bergulir lagi

Presiden FIFA Gianni Infantino sendiri juga dijadwalkan berkunjung ke Indonesia. Kedatangannya untuk berdiskusi dengan Presiden Jokowi. *

Komentar