nusabali

Soal Pilihan Pemain Starter Bali United, Profesionalisme Jadi Acuan Teco

  • www.nusabali.com-soal-pilihan-pemain-starter-bali-united-profesionalisme-jadi-acuan-teco

MANGUPURA, NusaBali
Pelatih kepala Bali United Allesandro Stefano ‘Teco’ Cugurra Rodriguez buka suara terkait pemain starter yang diturunkan timnya hingga pekan ke 11 Liga 1 2022/2023.

Pelatih asal Brasil itu menegaskan tidak ada permintaan atau campur tangan manajemen tim terkait memainkan pemain muda, senior, atau pemain asing. Manajemen hanya meminta mendapatkan trofi juara liga.

"Kita profesional saja, karena pada waktu awal saya bekerja dalam tim, saya tidak melihat pemain muda, senior, naturalisasi, ataupun asing. Saya melihat mereka sebagai pemain profesional," kata Teco, Rabu (12/10).

Menurut Teco, dirinya juga tidak membandingkan nilai kontrak pemain. Untuk starter, Teco mengaku tidak memilih sembarangan. Dia memiliki kriteria tersendiri sebelum menempatkan 11 pemain terbaiknya dalam setiap laga.

Maka, setiap latihan bersama selalu jadi waktu bagi Teco untuk mengobservasi kemampuan dan perkembangan anak asuhnya. Hal itu dilakukan, kata Teco,  untuk memastikan saat pertandingan hanya pemain paling siap yang diturunkan. Tidaklah mengherankan jika Bali United cenderung jarang melakukan perombakan skuad jika tidak ada kendala.
Sebab, kata Teco, itulah 11 pemain terbaik dan siap bertanding.

Kini, skuad Bali United tetap latihan rutin di saat kompetisi BRI Liga 1 ditunda. Program latihan mulai dari fisik, teknik, dan taktik tetap dilakukan demi menjaga kondisi penggawa Serdadu Tridatu.

Bali United saat ini di posisi lima klasemen sementara Liga 1. Pasukan Serdadu Tridatu menunjukkan progres positif pada awal musim jika dibandingkan dengan musim lalu. Dari 11 laga yang meraih 21 poin dari tujuh kemenangan dan empat kekalahan.

Bahkan Fadil Sausu dkk sempat meraih lima kemenangan beruntun terhitung sejak pekan ke-5 hingga ke-9. Namun juara bertahan tetap mengalami pasang dan surut mengarungi awal musim ini. Terdapat sejumlah momen Bali United mengalami kesulitan, kebuntuan, dan kekalahan.

Dalam beberapa laga , skuad Serdadu Tridatu juga bongkar pasang. Hal itu karena adanya hukuman akumulasi kartu hingga cedera. Bahkan mengawali musim ini dengan skuad tidak komplet. Pasalnya, sejumlah amunisi cedera, seperti Kadek Agung, Sidik Saimima, Hariono, dan Gunawan Dwi Cahyo.

Saat musim berjalan, beberapa pemain juga mulai berjatuhan karena cedera.  Mulai dari Irfan Jaya, Rahmat, dan Yabes Roni. Belum lagi absennya Willian Pacheco, Nadeo Arga Winata,  dan Brwa Nouri, akumulasi kartu kuning dan merah. *dek

Komentar