nusabali

Tekan Inflasi, PKK Tabanan Terima Ribuan Bibit Cabai

  • www.nusabali.com-tekan-inflasi-pkk-tabanan-terima-ribuan-bibit-cabai

TABANAN, NusaBali
Dalam rangka percepatan pengendalian inflasi daerah, Ketua TP PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menerima bantuan dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali yang bersinergi dengan Ketua TP PKK Provinsi Bali, berupa 3.000 bibit cabai dan 13.300 bibit dari Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya.

Bantuan bibit ini diserahkan secara simbolis ke desa binaan masing-masing kecamatan, Selasa (27/9). Pada acara penyerahan bibit yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, ini Ketua TP PKK Tabanan didampingi oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Gusti Agung Diah Utari beserta jajaran dan sejumlah pejabat di Pemkab Tabanan.

Ny Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, bibit cabai ini selanjutnya diserahkan kepada 30 desa binaan. “Desa binaan merupakan desa yang dipersiapkan oleh TP PKK Tabanan yang nantinya akan menjadi perwakilan Kabupaten Tabanan dalam lomba-lomba implementasi 10 Program Pokok PKK di tingkat Provinsi Bali,” ujarnya.

Dia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Kegiatan ini sebagai gerakan bersama, dan TP PKK memiliki peran penting dan strategis dalam membantu pemerintah mensosialisasikan dan mengimplementasikan pelaksanaan program di tengah masyarakat, salah satunya upaya pengendalian laju inflasi.

Dia berharap kegiatan ini dapat meringankan beban perekonomian dan mendukung program ketahanan pangan keluarga, yang merupakan salah satu program unggulan PKK. “Gerakan tanam cabai ini selaras dengan program PKK yakni Aku Hatinya PKK,” tutur Ny Rai Wahyuni Sanjaya.

Ny Rai Wahyuni Sanjaya menyarankan bibit cabai yang diberikan dapat ditanam dengan memanfaatkan halaman rumah. “Di kesempatan ini saya mengimbau kepada para kader PKK desa agar bantuan ini ditanam dan dirawat dengan baik di pekarangan rumah masing-masing sampai panen, agar manfaatnya dapat benar-benar dirasakan. Saya juga berharap agar gerakan ini dilanjutkan secara berkesinambungan, bukan hanya terbatas pada cabai tapi juga pada tanaman hortikultura lainnya yang bermanfaat bagi keluarga,” pesannya.

Dia juga memotivasi para kader PKK, hasil dari tanaman yang ditanam dapat diolah menjadi UKM untuk bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sebab produk hasil olahan akan dibantu dalam pemasaran di setiap event. Baik itu UKM berskala kecil maupun besar. “Ini adalah komitmen kami dalam membangkit perekonomian di tengah pandemi Covid-19,” tandas Ny Rai Wahyuni Sanjaya.

Sementara itu, Gusti Agung Diah Utari menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tabanan beserta Ketua TP PKK. “Melalui program tanam cabai ini, kami berharap kita semua dapat mengantisipasi kenaikan harga cabai yang berdasarkan data historis di Provinsi Bali mengalami kenaikan di pada November – Desember, seiring dengan peningkatan kebutuhan adanya event besar puncak G20, perayaan Natal dan tahun baru dan periode liburan,” tandasnya. *des

Komentar