nusabali

Desa Baturinggit Tuntaskan RPJMD

  • www.nusabali.com-desa-baturinggit-tuntaskan-rpjmd

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem telah tuntas menyusun RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah desa) tahun 2022-2028.

Ketua Tim RPJMD, Ni Nyoman Rasmiati, menyerahkan RPJMD kepada Perbekel Desa Baturinggit I Gede Putu Telantik di aula Kantor Desa Baturinggit, Banjar/Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Sabtu (3/9).

Gede Putu Telantik membentuk tim penyusun RPJMD pada Juli 2022. Selama sebulan penuh bekerja hingga tuntas menyusun RPJMD. “Menyusun RPJMD untuk membuat dokumen perencanaan pembangunan yang memberikan arah kebijakan keuangan desa, strategis pembangunan desa, dan sasaran-sasaran strategis yang ingin dicapai selama enam tahun ke depan,” jelas Gede Putu Telantik. RPJMD untuk menyelaraskan pembangunan tingkat kecamatan dengan kabupaten yang juga menjadi dasar pembangunan di Desa Baturinggit.

Penyusunan RPJMD untuk menentukan arah pembangunan dan bisa dipahami masyarakat. “RPJMD diverifikasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Karangasem. Setelah verifikasi, ditetapkan menjadi RPJMD oleh BPD,” jelas perbekel asal Banjar Baturinggit Kaja ini. Desa Baturinggit mewilayahi 3 banjar dinas yakni Banjar Bantas, Banjar Baturinggit Kaja, dan Banjar Baturinggit Kelod dengan penduduk 5.906 jiwa.

Sementara Perbekel Desa Duda, Kecamatan Selat I Wayan Dulur telah setor RPJMD ke Dinas PMD Karangasem, bulan lalu. “Saat ini sedang verifikasi dari Dinas PMD,” ungkap Wayan Dulur. RPJMD Desa Duda mencakup kepentingan masyarakat yang tersebar di delapan banjar dinas dengan penduduk 6.224 jiwa. Terpisah, Kadis PMD Karangasem, I Made Sugiartha mengaku telah menerima puluhan RPMJD dan sedang melakukan verifikasi. *k16

Komentar