nusabali

Kebakaran Lahan di Desa Baturinggit

  • www.nusabali.com-kebakaran-lahan-di-desa-baturinggit
  • www.nusabali.com-kebakaran-lahan-di-desa-baturinggit

AMLAPURA, NusaBali
Sekitar setengah haktare lahan di Banjar Baturinggit Kaja, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, terbakar Sabtu (15/10) pukul 12.00 Wita.

Kebakaran ini dilaporkan warga Banjar Baturinggit Kaja, I Ketut Jiwa,59, diterima petugas Regu I Pos Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Mustiawan.

10 petugas mendatangi lokasi kejadian diangkut 4 unit kendaraan, dipimpin Kepala Seksi PKPE (pemadam kebakaran penyelamatan dan evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran I Wayan Putu Darma Kartika. Saksi I Ketut Jiwa menuturkan kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 Wita, membakar lahan sekitar 0,5 hektare di lahan milik Dadia Pasek Netra dan lahan miliknya. "Hanya membakar semak-semak, ada juga pohon lontar," kata I Ketut Jiwa.

Justru, 5 pohon srikaya miliknya yang ikut terbakar di lahan 0,5 are. "Tetapi kebakaran itu jauh dari pemukiman, dan telah ditangani petugas pemadam kebakaran," jelas I Ketut Jiwa.

Petugas pemadam kebakaran hingga bolak-balik angkut air menghabiskan 10.000 liter air, untuk memadamkan seluruh percikan api, hingga pendinginan, sehingga api tidak lagi menjalar. Penyebab kebakaran belum diketahui. Hadir di lokasi kebakaran Perbekel Baturinggit I Gede Putu Telantik, bersama perangkat desa, turut memberikan bantuan.

Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, mengatakan belakangan ini lebih sering terjadi kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Kubu, karena daerahnya gersang, belum sempat turun hujan. "Syukurnya ada sumur bor di Kecamatan Kubu, sehingga air bisa disedot dari sumur itu digunakan memadamkan api," jelas Siki Ngurah. Dia mengingatkan masyarakat agar tidak sembarangan buang puntung rokok masih menyala atau dupa masih menyala ke semak-semak yang kering karena diduga menyebabkan kebakaran. *k16

Komentar