nusabali

Permudah Layanan, Desa Baturinggit Sediakan Simpeldes

  • www.nusabali.com-permudah-layanan-desa-baturinggit-sediakan-simpeldes

AMLAPURA, NusaBali - Pemerintah Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, menyediakan aplikasi Simpeldes (sistem informasi dan pelayanan desa) dari smart village nusantara. Aplikasi ini untuk memudahkan pelayanan kepada Masyarakat. Masyarakat bisa mengurus administrasi secara online.

"Nanti kami launching, Sabtu (28/10), bertepatan HUT ke-32 Desa Baturinggit," jelas Perbekel Baturinggit I Gede Putu Telantik di ruang kerjanya, Banjar Baturinggit Kaja, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (19/10).

Dalam Simpeldes itu, kata Telantik, untuk sementara baru melayani tiga bidang pelayanan, yakni smart government melayani administrasi pemerintahan, terutama administrasi desa. Seperti surat menyurat, akta perkawinan, KTP, kartu keluarga, surat keterangan usaha, dan lain-lain.

Sedangkan smart society, jelasnya, menyediakan wadah informasi buat masyarakat, dan smart economy melayani masyarakat untuk memudahkan pembayaran. Misalnya, membayar air Pamsimas (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat), membayar rekening listrik, membayar PBB (pajak bumi dan bangunan), dan proses pengajuan kredit yang mana aplikasi ini telah terintegrasi ke BUMDes Sri Rejeki Sejahtera.

"Jadi yang bayar rekening air, listrik, dan pengajuan kredit ke BUMDes, cukup melalui aplikasi tidak perlu ke Kantor BUMDes," jelasnya.

Aplikasi itu juga, lanjut Telantik, untuk memudahkan BUMDes memantau transaksi masyarakat setiap bulan. Terlebih lagi, dapat dukungan jaringan internet. Harapan ke depan, juga memberlakukan tandatangan elektronik agar semua pelayanan berbasis digital.

Dia menyebutkan, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu berada di lereng Gunung Agung. Namun pemerintahan desa wajib memberikan layanan optimal dengan memanfaatkan teknologi. Dengan digitalisasi ini, warga yang tinggal di luar Desa Baturinggit juga dapat dilayani dengan mudah.7k16

Komentar