nusabali

Kadek Marssel Terpilih sebagai Duta Genre Indonesia 2022

  • www.nusabali.com-kadek-marssel-terpilih-sebagai-duta-genre-indonesia-2022

DENPASAR, NusaBali
Putra Bali, I Kadek Marssel Bagia Sedana, 17, berhasil terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia 2022, pada Gema Malam Genre yang merupakan puncak Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja tingkat nasional 2022, yang digelar di Ballroom The Rich Hotel Jogjakarta, Minggu (21/8) malam.

Kadek Marcel terpilih bersama Duta Genre Riau Novera Mawaddah Khairani. Marssel dan Novera berhasil menyisihkan Duta Genre dari 33 provinsi. Marssel datang berpasangan dengan Ni Nyoman Ayu Respani, 17, selaku Duta Genre putri Bali. Siswi SMAN 2 Mengwi, Badung, ini berhasil masuk 12 besar.

Kadek Marssel dikonfirmasi NusaBali, Selasa (23/8), mengaku sangat bersyukur dan bangga dengan pencapaian ini. Namun begitu dia menyebut tekad utamanya bukanlah untuk menjadi yang pertama, tapi menjadi yang terbaik bagi remaja Indonesia.

“Tentunya perasaan saya sangat bangga bisa dipercaya, bisa diberikan amanah untuk membawa tanggung jawab yang luas biasa menjadi Duta Genre Indonesia. Menjadi role model bagi remaja terkhususnya terkait perencanaan masa depan. Namun perlu diketahui bahwa tekad utama saya bukanlah untuk menjadi yang pertama, tapi menjadi yang terbaik bagi remaja Indonesia, sehingga pada dasarnya terpilih atau tidaknya saya, saya akan tetap memberikan yang terbaik,” ucap teruna kelahiran 29 Maret 2005, ini.

Siswa SMAN 2 Negara, ini menuturkan jika remaja memiliki perencanaan yang baik terhadap masa depannya maka mereka akan memiliki masa depan yang baik pula. “Pepatah mengatakan ‘bermimpilah setinggi langit’, tapi hal tersebut belum tentu benar. Yang benar adalah ketika langitnya kelihatan. Dan saya percaya bahwa langit tersebut bisa terlihat ketika kita mau berencana dan saya Genre bisa melakukan itu,” kata Kadek Marssel, anak kedua dari dua bersaudara, dari pasangan suami istri I Made Sukanadi dan Ni Made Sukerti.

Untuk selanjutnya, Kadek Marssel akan melanjutkan program pribadinya, yakni Rumah Penting (Rumahnya Remaja Peduli Stunting) dan Ngopi Genre (Ngobrol Pintar Generasi Berencana). Dan akan terus berkolaborasi dengan Genre Indonesia dan Forum Genre seluruh Indonesia untuk saling menguat dan menggema, menjalankan program-program yang luar biasa.

Terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Provinsi Bali Ni Luh Gede Sukardiasih, bersyukur dengan capaian yang diraih Duta Genre Bali. Sebagai Duta Genre Indonesia, Kadek Marssel akan berkeliling Indonesia mensosialisasikan program-program Genre kepada remaja, terutama tentang penyiapan kehidupan berkeluarga utamanya untuk pencegahan stunting yang sekarang menjadi program nasional.

“Kita bersyukur apa yang kita bina berbuah manis. Marssel sekarang bukan cuma punya Bali tapi juga Indonesia,” ujar mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Tabanan, ini.

Sebagai forum yang dibentuk dan dibina oleh BKKBN, Sukardiasih berharap Duta Genre tetap bersinergi dan berkolaborasi dengan BKKBN. Dikatakan Duta Genre menyasar kaum remaja dengan melakukan sosialisasi program-program BKKBN ke sekolah-sekolah di seluruh Bali. Adapun BKKBN juga telah telah meluncurkan aplikasi Layanan Konseling Online Genre. Di mana para remaja bisa mendapatkan konseling yang akan diberikan para Duta Genre yang telah diberikan pelatihan dan bersertifikat.

“Konsultasi Genre Online duta Genre sudah kita latih jadi konselor bersertifikat, sehingga remaja lebih terbuka kepada teman sebayanya,” kata Sukardiasih. *cr78

Komentar