nusabali

Agus Dwi dan Putri Lestari Duta Genre Bali 2023

  • www.nusabali.com-agus-dwi-dan-putri-lestari-duta-genre-bali-2023

DENPASAR, NusaBali - Kadek Agus Dwi Artha dan Ni Ketut Indra Putri Lestari dinobatkan sebagai Duta Genre (Generasi Berencana) Provinsi Bali 2023 pada Grand Final Pemilihan Duta Genre Bali, di Riverside Convention Center, Denpasar, Selasa (13/6).

Keduanya berkomitmen membangun generasi muda berencana dan semakin menekan angka stunting di Bali. 

“Tidak menyangka sekali rasanya dan sangat bersyukur bisa sampai di titik ini, karena bukan sebuah perjalanan yang mudah bagi kami berdua sampai tahap ini,” kata Agus Dwi perwakilan PIK-M (Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa) Yowana Bhakti, seusai acara penganugerahan. 

Mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar ini mengatakan ada banyak seleksi tes yang harus dijalani sejak pendaftaran dibuka pada Mei 2023. Tes tersebut untuk menguji intelektualitas dan membuktikan seberapa pantas menjadi Duta Genre Bali. 

Putri Lestari juga mengaku tidak menyangka terpilih menjadi Duta Genre Bali. Pasalnya dara perwakilan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) SMA Negeri 1 Petang, Badung, sempat gagal pada pemilihan Duta Genre Kabupaten Badung di tahun sebelumnya. Niatnya bulat menjadi inspirasi remaja, pada tahun ini justru dia terpilih mewakili Bali pada ajang Duta Genre nasional nantinya. 

“Saya bangga membawa nama Petang. Saya berterima kasih kepada sekolah, keluarga, dan teman-teman. Kita harap angka stunting Provinsi Bali dapat turun lagi dengan program yang akan kami jalankan,” ucap Putri Lestari. 

Putri Lestari menegaskan, dia dan Agus Dwi bersama anggota Forum Genre Bali lainnya akan melaksanakan sejumlah program guna memajukan remaja Bali dan menekan angka stunting di Bali. 

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali Ni Luh Gede Sukardiasih, menyampaikan dalam usaha menyiapkan generasi emas Indonesia 2045, BKKBN melaksanakan program Generasi Berencana (Genre). 

Duta Genre merupakan remaja dengan rentang usia 10-24 tahun yang tergabung dalam PIK-R dan PIK-M ataupun tergabung dalam program Bina Keluarga Remaja. 

"Tujuan Genre meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap, dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi,” ujar Sukardiasih.  

Sukardiasih menjelaskan Duta Genre bertujuan mewujudkan remaja yang bisa menjadi panutan dan teladan bagi sebayanya. Duta ini yang akan memberikan konseling kepada remaja-remaja lainnya agar ikut melakukan berbagai hal positif. 

“Duta genre merefleksikan remaja yang sehat, cerdas, ceria, dan menjauhi Triad KRR (triad kesehatan reproduksi remaja, terkait risiko seksualitas, Napza, dan HIV-AIDS, Red),” kata Sukardiasih. 7 cr78

Komentar