nusabali

Indonesia Juara Umum APG 2022

  • www.nusabali.com-indonesia-juara-umum-apg-2022

JAKARTA, NusaBali
Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games (APG) di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus 2022.

Menurut Ketua Bidang Litbang NPC Indonesia Sapta Kurnia Permana, Indonesia meraih medali emas lebih dari yang ditargetkan 104 medali ems.

"Sampai Jumat malam, perolehan medali emas mencapai 150 lebih. Ini melebihi target 104 emas. Hal ini tidak terlepas dari pembinaan berkelanjutan yang dilakukan dan dukungan pemerintah," ujar Sapta Kurnia Permana, Jumat (5/8) malam.

Sedangkan Sekretaris Pelaksana INASPOC Rima Ferdianto mengatakan, perolehan medali emas tersebut membuat Indonesia jadi juara umum APG 2022. Padahal fakta menariknya selama lima kali penyelenggaraan APG, tuan rumah tidak pernah jadi juara. Namun, Indonesia sebagai tuan rumah APG 2022 mampu sebagai juara umum.

"Kita bisa patahkan mitos, kalau tuan rumah tidak menjadi juara umum," terang Rima Ferdianto. Apalagi di APG tidak ada olahraga andalan yang diajukan tuan rumah. Selain itu, Indonesia sebagai tuan rumah juga tidak mengajukan olahraga baru. Semua cabang olahraga inline dengan Paralimpiade.

Karena itu, kata Rima Ferdianto, tuan rumah tidak bisa mengakali dengan mengajukan cabang olahraga unggulannya agar memperoleh medali emas banyak.

Yakni sukses menjadi penyelenggara, sukses administrasi, prestasi dan pemulihan ekonomi. Negara-negara peserta APG pun memberikan apresiasi, karena persiapan Indonesia menjadi tuan rumah hanya empat bulan.

Rima berharap, hasil itu membuat atlet disabilitas Indonesia tidak hanya mentok di APG. Melainkan juga ke Paralimpiade. Sedangkan Ketua CdM Indonesia Andi Herman menegaskan, seluruh target yang dicanangkan hampir terwujud.

"Hanya satu yang meleset yaitu sepak bola CP yang ditargetkan meraih medali emas kalah adu penalti dari Thailand di final," papar Andi Herman. *k22

Komentar