nusabali

Disdikpora Karangasem Selenggarakan Lomba Gerak Jalan

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-selenggarakan-lomba-gerak-jalan

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar lomba gerak jalan untuk semarakkan perayaan HUT ke-77 Kemerderkaan RI.

Hanya saja lomba gerak jalan sejauh 45 kilometer ditiadakan. Lomba gerak jalan yang dilombakan dengan jarak tempuh 5 km, 8 km, dan 17 km. Disdikpora Karangasem masih mematangkan panitia dan jadwal pelaksanaan lomba gerak jalan.

Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Karangasem, I Gusti Made Arta Wijaya, mengatakan setelah vakum selama dua tahun, kembali menggelar lomba gerak jalan. “Lomba gerak jalan dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Kami masih koordinasi jadwal pelaksanaannya,” ungkap Gusti Made Arta Wijaya, Selasa (19/7). Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sebagai panitia hari besar nasional masih menyusun jadwal lomba. Khusus lomba gerak jalan, Disdikpora sebagai penyelenggara.

Selain mematangkan jadwal lomba juga membentuk panitia penyelenggara, termasuk merekrut juri, dan menentukan rute lomba gerak jalan. Jarak tempuh dibagi-bagi, ada jarak 5 km, 8 km, dan 17 km. “Jadwal lomba dan lokasi lomba menyusul,” kata Gusti Made Arta Wijaya. Khusus lomba gerak jalan 45 kilometer yang rutin digelar setiap tahun, kali ini ditiadakan. Diganti dengan lomba sepeda hias dengan jarak tempuh 45 kilometer.

Terpisah, SMAN 1 Amlapura mulai merekrut siswa dan melaksanakan latihan awal di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Jalan Ngurah Rai. Guru pembina Ni Made Dewi Adnyani yang membina siswa selama latihan. Rencananya mengikuti lomba 8 kilometer dan lomba gerak jalan 17 kilometer. “Lomba 8 km menyiapkan 3 regu putra, 3 regu putri, dan lomba 17 kilometer mempersiapkan 3 regu putra,” jelas Dewi Adnyani.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Sugiana juga mengaku telah mempersiapkan siswa untuk lomba. “Kami kirim 3 regu putra dan 3 regu putri untuk lomba gerak jalan 8 km dan 2 regu putra untuk lomba 17 km,” ungkap Wayan Sugiana. SMAN 2 Amlapura targetkan juara sehingga pilih siswa dengan fisik kuat dan terampil baris berbaris. Sementara Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik telah melatih siswanya di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati. *k16

Komentar