nusabali

Karangasem Pilih 2 Pemuda Pelopor 2024

  • www.nusabali.com-karangasem-pilih-2-pemuda-pelopor-2024

Syarat lain, bukan PNS atau tenaga PPPK, belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat nasional dari Kemenpora, memiliki karya nyata yang berkualitas.

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem hanya meloloskan 2 calon Pemuda Pelopor Karangasem 2024,  melalui seleksi diikuti 3 peserta. Kedua calon Pemuda Pelopor itu, I Kadek Andreawan dari Desa Besakih, Kecamatan Rendang dan Ni Kadek Rini Prabawati dari Desa/Kecamatan Sidemen, berhak mengikuti calon Pemuda Pelopor Bali 2024. 

Kepala Disdikpora Karangasem I Wayan Sutrisna, didampingi Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga I Gusti Made Artha Wijaya, memaparkan hal itu usai menggelar seleksi di Tribun Stadion I Gusti Ketut Jelantik, Jalan Veteran Amlapura, Rabu (15/5).

I Kadek Andreawan mengikuti bidang pendidikan dan Ni Kadek Rini Prabawati di bidang  seni budaya. "Sebenarnya pesertanya tiga orang, satu peserta lagi keliru mempresentasikan hasilnya, mestinya yang dipresentasikan adalah bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, sesuai hasil karyanya justru yang dipresentasikan bidang pangan," kata I Wayan Sutrisna.

Peserta yang dimaksud, I Komang Sukarma, dari Desa/Kecamatan Kubu. Tahun depan masih ada kesempatan untuk I Komang Sukarma karena umurnya masih memungkinkan di bawah 30 tahun. Sebab, persyaratannya usia antara 16 - 30 tahun, pada 28 Oktober mendatang.

Syarat lain, bukan PNS atau tenaga PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), belum pernah memperoleh penghargaan kepeloporan tingkat nasional dari Kemenpora, memiliki karya nyata yang berkualitas di bidang kepeloporan sehingga mampu menginspirasi masyarakat luas, memiliki idealisme, tidak cacat hukum, memiliki visi dan misi kepeloporan dan mampu mengembangkan kepeloporan, memiliki kemampuan kepemimpinan dan disiplin, punya pengalaman berorganisasi dan lain-lain. 

Ada lima bidang kepeloporan, yakni pendidikan, seni budaya, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi.

Seleksi itu dilakukan tim penilai, yakni I Nengah Suweca, I Gede Arta Sudiarsana, I Wayan Putu Yasa, dan I Putu Pasek Jaya. Pasek Jaya membenarkan, peserta calon Pemuda Pelopor 2024, yang mendaftar tiga orang, 2 orang dinyatakan lolos ke Provinsi Bali dan satu orang atas nama I Komang Sukarma, kurang beruntung. Karena yang dipresentasikan bidang pangan padahal karya yang dia buat bidang pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan pariwisata. "Jadinya hanya 2 peserta yang lolos ke Provinsi Bali," jelas Pasek Jaya.

Sebelumnya, Karangasem sempat meraih gelar Pemuda Pelopor Nasional 2019 atas nama I Nengah Sueca, juara Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan Pariwisata. Itulah sebabnya I Nengah Suweca, pemuda pelopor  asal Banjar Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, diikutkan sebagai dewan juri. Satu lagi, I Wayan Putu Yasa, asal Banjar Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Pemuda Pelopor Nasional tahun 2022, bidang seni budaya.7k16

Komentar