nusabali

Pemotongan Sapi Kurban Sumbangan Jokowi Libatkan 5 Tukang Jagal

  • www.nusabali.com-pemotongan-sapi-kurban-sumbangan-jokowi-libatkan-5-tukang-jagal

NEGARA, NusaBali
Sapi Bali seberat 570 kilogram (kg) bantuan kurban Idul Adha 1443 Hijriah dari Presiden RI Joko Widodo di Masjid Agung Baitul Qadim, Lingkungan/Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, dipotong seusai salah id  Minggu (10/7) pagi.

Sapi bantuan sang Presiden itu, dipotong bersama 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing kurban di masjid setempat dengan melibatkan 5 orang tukang jagal.

Pemotongan hewan kurban di Masjid Baitul Qadim sendiri dimulai sejak pukul 08.30 hingga 13.00 Wita dengan petugas jagal sebanyak lima orang.  Sapi bantuan Presiden itu sebelumnya dibawa dari tempat penitipan menuju masjid dengan menggunakan pick up.  Setelah diturunkan di sebelah masjid, sapi ukuran jumbo itu diikatkan ke pohon dan mengikatkan tali pada salah satu kaki.  Kemudian tali ditarik untuk merobohkan dan mengikatkan seluruh kaki sapi tersebut. Setelah berhasil dilumpuhkan, barulah dieksekusi. "Sapinya jinak. Kebetulan tukang jagalnya juga biasa motong sapi. Sudah ada pawangnya. Tidak ada kendala," terang Ketua Panitia Kurban Masjid Agung Baitul Qadim, Ahmad Bukhari.

Mengenai pembagian daging hewan kurban di Masjid Agung Baitul Qadim, kata Ahmad Bukhari, dibagikan kepada sekitar 1.000 mustahik (orang-orang yang berhak menerima) di sekitar Loloan. Untuk penyaluran daging kurban itu, dilakukan melalui para Ketua RT. "Setiap mustahik mendapat daging sekitar 6 ons (600 gram). Itu kita bagi rata. Termasuk panitia juga dapat bagian sama," pungkas Ahmad Bukhari. *ode

Komentar