nusabali

KONI Gianyar Ikuti Semua Cabor Ekshibisi Porprov

  • www.nusabali.com-koni-gianyar-ikuti-semua-cabor-ekshibisi-porprov

GIANYAR, NusaBali
KONI Gianyar akan mengikuti semua atau enam cabor ekshibisi dalam Porprov Bali XV/2022 pada 20-27 November.

Keputusan itu sebagai langkah awal pembinaan jangka panjang untuk Porprov selanjutnya. Sebab, setelah pertandingan ekshibisi, cabor bersangkutan akan dipertandingkan secara resmi dan perolehan medalinya pun diakui secara resmi.

Ketua Kontingen Gianyar I Wayan Rutawan pada Rabu (22/6) memastikan hal tersebut setelah rapat persiapan Porprov yang melibatkan seluruh Pengkab Cabor di Gianyar.

"Untuk cabor dipertandingkan resmi kita ikut 42 cabor dan semua nomor yang dipertandingkan, sedangkan untuk ekshibisi kita juga mengikuti 6 cabor yang dipertandingkan," kata Rutawan, yang juga Ketua Harian KONI Gianyar.

Rutawan mengatakan, cabor yang dipertandingkan secara ekshibisi di Porprov, yakni kurash, esport, bola tangan, kickboxing, pickleball, dan cabor selancar ombak.  Aktif ambil bagian di semua cabor maupun nomor, baik yang resmi maupun ekshibisi sudah jadi komitmen kuat dan tekad semua Pengkab Cabor di Gianyar.

"Semua cabor sudah difasilitasi untuk bertanding, meskipun anggaran akan terealisasi pada APBD Perubahan. Proposal anggaran untuk Porprov sudah kita ajukan ke Bupati Gianyar," kata Rutawan.

Bahkan dalam kondisi belum ada anggaran, kata Rutawan, pihaknya mengklaim cabor dan KONI Gianyar tetap optimistis, karena para atlet melakukan persiapan mandiri dan mampu memberikan prestasi terbaik.

"Saya akui saat ini cabor belum ada anggaran, tapi semua Pengkab Cabor sudah bergerak menyiapkan atletnya," kata Rutawan.

Sementara itu sebelumnya Bidang Prestasi (Binpres) KONI Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka mengakui KONI Provinsi Bali bakal mempertandingkan 6 cabang olahraga berbeda melalui jalur ekshibisi. Pengesahan cabor yang dipertandingkan secara ekshibisi itu telah diputuskan KONI Bali secara resmi.

Keenam cabor itu juga diberikan kebebasan penuh untuk menentukan venue atau lokasi tempat bertanding di Sembilan kabupaten/kota di Bali. Hal itu sesuai keputusan KONI Bali yang juga menyebar venue Porprov ke semua daerah di Bali.

"Untuk lokasi bertanding, mereka yang menentukan sendiri, karena masih bersifat ekshibisi," tegas Gung Cok.  Sedangkan dari segi pembiayaan untuk sementara masih diupayakan, tetapi secara menyeluruh dibiayai dan dilaksanakan cabor itu sendiri. *dek

Komentar