nusabali

Pohon Hampir Punah Ditanam di Bedugul

Salah Satunya Majegau, Maskotnya Bali

  • www.nusabali.com-pohon-hampir-punah-ditanam-di-bedugul

TABANAN, NusaBali
Kebun Raya Eka Karya Bali atau yang dikenal dengan Bedugul, menanam pohon jenis yang hampir punah pada Kamis (19/5).

Penanaman yang dirangkaikan dengan ulang tahun Kebun Raya Eka Karya Bogor ini berjumlah 40 spesimen dari 8 spesies. Salah satu pohon yang hampir punah itu adalah Pohon Majegau.

Sub Kordinator Pelaksana Fungsi Pengelolaan Koleksi Kebun Raya Bali, Tuah Malem Bangun mengatakan, 40 pohon yang ditanam ini adalah jenis pohon yang hampir punah. Penanaman dilakukan serentak di seluruh kebun raya di Indonesia untuk memperingati ulang tahun ke-205 Kebun Raya Bogor. “Penanaman pohon yang kami lakukan turut mengundang pemimpin kebijakan di Kecamatan Baturiti,” jelasnya.

Adapun 40 pohon yang ditanam ini terdiri  Agathis Damara, Antidesma Bunius, Beccaura Racemose dan lainnya. Yang menarik dari 40 pohon yang ditanam, satu koleksi pohon maskot Bali juga ikut ditanam yakni Dysoxlum Parasiticum atau yang lebih dikenal dengan Majegau. “Majegau ini tergolong hampir punah dan sebagai maskot atau ikon Bali karena tanaman ini sering dipakai dalam upacara Adat di Bali,” jelas Malem Bangun.  

Dia menambahkan total ada 105 pohon yang ditanam di seluruh kebun raya di Indonesia. Ini merupakan penanaman pohon terbanyak sehingga kegiatan penanaman ini masuk rekor MURI sebagai kegiatan penanaman spesies pohon terbanyak dan serentak di kebun raya. Bahkan MURI juga mencatatnya sebagai kegiatan penanaman pohon secara serentak di kebun raya terbanyak. “Pohon yang kita tana mini adalah masuk koleksi sehingga betul-betul dijaga,” tandas Malem Bangun. *des

Komentar