nusabali

Juara Lagi, Bayern Klub Terbaik di Kompetisi Elit Eropa

  • www.nusabali.com-juara-lagi-bayern-klub-terbaik-di-kompetisi-elit-eropa

MUNICH, NusaBali
Bayern Muenchen sukses meraih trofi Liga Jerman ke-32 usai menjadi juara di musim 2021-2022.

Trofi juara itu menjadi yang ke-10 secara beruntun bagi The Bavarians, dan sekaligus menobatkan Bayern sebagai klub terbaik di kompetisi elite Eropa. Pasalnya, belum pernah ada tim di Benua Biru yang mampu melakukan dominasi selama 10 musim beruntun seperti Bayern.

Kepastian Die Rotten - julukan Bayern - mengunci gelar ke-10 secara beruntun itu setelah menang pada laga Der Klassiker pada Minggu (24/4) dinihari Wita. Tim asuhan Julian Nagelsmann menundukkan Borussia Dortmund 3-1. Gelar itu juga yang pertama bagi Nagelsmann.

Bayern unggul 2-0 pada babak pertama melalui gol Serge Gnabry (15’) dan Robert Lewandowski (34’). Di babak kedua, gol penalti Emre Can (52’) membuka asa Dortmund, namun harus dipatahkan oleh gol Jamal Musiala (83’).

Kemenangan itu membuat Bayern dipuncak klasemen dan tidak lagi terkejar para rival, usai mengumpulkan 75 poin. Dortmund meraih 63 poin di posisi kedua, dan Bayer Leverkusen di urutan ketiga dengan 55 poin. Sedangkan Bundesliga menyisahkan tiga laga lagi.

Gelar itu trofi ke-32 Liga Jerman yang didapat Bayern sepanjang sejarah. Luar biasanya, mereka mendapatkan sepuluh di antaranya secara beruntun pada periode 2012-2022.

Catatan itu jadi yang terbanyak sepanjang sejarah di antara klub-klub di Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Prancis, dan Liga Jerman. Mereka melewati perolehan yang dimiliki tim Liga Italia, Juventus.

Juventus sendiri masih mencatatkan gelar juara sembilan kali beruntun yang didapat pada 2012-2020. Catatan itu pun patah karena pada 2021 lalu, gelar juara menjadi milik Inter Milan.

Catatan gelar juara milik Bayern tidak akan dikejar klub manapun dalam kisaran 10 musim mendatang. Dengan ini pantaslah Munich dinobatkan sebagai klub terbaik lima liga top Eropa sepanjang sejarah.

Dengan gelar itu, Bayern semakin membuktikan bahwa mereka sangat superior di Liga Jerman. Klub kedua terbanyak juara Liga Jerman, yakni FC Nurnberg tercatat baru menjuarai kompetisi tersebut sebanyak sembilan kali. *

Komentar