nusabali

Pemkab Jembrana Gelar Pujawali di Pura Luhur Giri Salaka, Banyuwangi

  • www.nusabali.com-pemkab-jembrana-gelar-pujawali-di-pura-luhur-giri-salaka-banyuwangi

NEGARA, NusaBali
Jajaran Pemkab Jembrana menggelar bakti serangkaian puncak pujawali Pura Luhur Giri Salaka di areal Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, yang bertepatan pada Hari Raya Pagerwesi, Buda Kliwon Sinta, Rabu (30/3).

Tidak sekadar bersembahyang, rombongan pejabat Pemkab Jembrana yang dipimpin Sekda I Made Budiasa, secara langsung mengikuti berbagai prosesi dalam puncak pujawali tersebut.

Hadir saat acara puncak pujawali Pura Luhur Giri Salaka itu, Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah. Pujawali di pura yang terletak di tengah areal Taman Nasional Alas Purwo ini diawali dengan prosesi ngabejian daksina linggih Ida Bhatara menuju pantai di dekat lokasi pura. Dalam prosesi ngabejian itu, Sekda Budiasa secara langsung nyunggi daksina linggih Ida Bhatara yang juga diiringi para kepala OPD Pemkab Jembrana hingga seluruh rangkaian puncak pujawali tuntas.

Saat acara puncak pujawali tersebut, tampak dipadati sejumlah pamedek dari beberapa kabupaten/kota di Bali. Tidak hanya itu, juga hadir sejumlah umat Hindu dari Banyuwangi dan beberapa kabupaten lainnya di Jawa Timur. Dalam rangkaian puncak pujawali kemarin, dipuput oleh Ida Bopo Pandita Giri Dharma Arsa dari Griya Purwoharjo, Banyuwangi.

Wabup Banyuwangi H Sugirah mengatakan, dirinya atas nama Pemkab Banyuwangi menyambut baik pelaksanaan pujawali dan mendoakan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar. Dia menyampaikan selama ini umat Hindu di Banyuwangi, dikenal hidup rukun dan harmonis dengan umat lainnya. “Kita turut bahagia. Karena tidak hanya kelancaran pelaksanaan pujawali, ini juga turut mendongkrak wisatawan datang ke Banyuwangi. Kita lihat hotel-hotel penuh. Ini patut disyukuri guna mendukung Banyuwangi bangkit,” ujarnya.

Sekda Budiasa mengatakan, persembahyangan pada pujawali di Pura Luhur Giri Salaka ini rutin dilaksanakan Pemkab Jembrana. Harapannya agar umat senantiasa diberikan tuntunan dan keteduhan. “Pelaksanaan bakti pujawali dengan mengajak segenap OPD ini bertujuan untuk mendoakan agar Jembrana diberikan keselamatan, damai, dan dijauhkan dari musibah,” ucap Sekda Budiasa.

Sedangan Manggala Karya Eka Widaningsih mengatakan, rangkaian pujawali Pura Luhur Giri Salaka kali ini dimulai Selasa (29/3) dan akan dilaksanakan hingga Sabtu (2/4) nanti. Puncak pujawali dilaksanakan Rabu kemarin. “Hari Selasa kemarin kami melaksanakan matur piuning. Kemudian Rabu ini (kemarin) puncak karya. Kemudian dilanjutkan ngayarin Kamis, Jumat, sampai nyineb karya Sabtu nanti,” kata Eka Widaningsih. *ode

Komentar