nusabali

Basarnas Cek Kesiapan Personel di Jimbaran

  • www.nusabali.com-basarnas-cek-kesiapan-personel-di-jimbaran

MANGUPURA, NusaBali
Direktur Operasional Basarnas RI, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, mengecek kesiapan personel Basarnas Denpasar jelang kegiatan International Searching and Rescue Advisory Group (INSARAG) Asia-Pacific Regional Earthquake Response Exercise 2022 yang dijadwalkan pada September 2022.

Selain personel, sejumlah alat penunjang dalam operasi juga tidak luput dalam pemantauan. Usai melakukan pengecekan, Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, mengatakan sebagai pejabat baru di Basarnas ingin mengenal lebih dekat kantor-kantor yang berada di setiap provinsi di Indonesia. Nah, kebetulan saat ini ikut dalam rombongan kunjungan kerja bersama Kepala Basarnas ke sejumlah kantor SAR termasuk di Bali. “Pengecekan ini untuk mengenal lebih dalam terkait sejumlah sarana dan prasarana yang ada di Basarnas Denpasar,” katanya, Senin (21/3) sore.

Meski tergolong baru, Brigjen TNI Wurjanto menggaris bawahi sejumlah arahan yang diberikan oleh Kepala Basarnas, terutama terkait pemantapan sarana dan prasarana serta loyalitas dalam bekerja. Dia juga berpesan kepada personel di Kantor Basarnas Denpasar, sebagai insan Search and Rescue (SAR) yang identik dengan tugas-tugas kemanusiaan, harus bekerja keras dengan keikhlasan.

Di sisi lain, Brigjen TNI Wurjanto juga mengapresiasi keberadaan sarana dan prasarana di Basarnas Denpasar yang penataannya sudah baik. “Keberhasilan Basarnas Pusat memperoleh penghargaan tingkat nasional tidak terlepas dari kiprah kantor-kantor yang ada di daerah, termasuk Kantor Basarnas Denpasar. Telah direncanakan ke depannya akan menyusul beberapa peralatan canggih dengan teknologi tinggi, setelah dikirimkan 2 alat pencarian di air,” bebernya.

Terkait penyelenggaraan kegiatan International Searching and Rescue Advisory Group (INSARAG) Asia-Pacific Regional Earthquake Response Exercise (APERE) 2022 pada September 2022, dia berharap semua harus siap. “Ini rangkaian pengecekan lokasi perhelatan nanti. Selain meninjau titik-titik yang akan dijadikan lokasi kegiatan,” kata Brigjen TNI Wurjanto. *dar

Komentar