nusabali

Jembatan Payangan-Buahan Berlubang

  • www.nusabali.com-jembatan-payangan-buahan-berlubang

Jembatan penyambung wilayah Desa Melinggih dengan Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Gianyar, sejak pekan lalu berlubang.

GIANYAR, NusaBali

Lubang jalan lebar sekitar 25 cm dan panjang sekitar semeter ini sangat membahayakan pengendara roda empat dan roda dua, terutama pada malam hari. Karena di jembatan ini tanpa lampu penerangan jalan.

Menurut warga sekitar, Minggu (5/3), sepekan lalu lubang pada ujung timur jembatan itu sekitar 25 cm persegi. Namun membesar dan kini jadi berlebar 25 cm dan panjang sekitar semeter.

Akibat lubang itu, para pengendara sepeda motor harus hati-hati. Terlebih mereka yang datang dari arah timur. Karena jalan dari timur menurun agak tajam. Akibatnya setiap kendaraan dari timur selalu melaju lebih kencang.

Warga Desa Buahan Kaja, Payangan yang setiap hari melintasi jalan itu, Ketut Dana Wirawan mengatakan, bagi pengendara yang terbiasa melintas di jalan ini, mungkin sudah tahu ada jalan berlubang. ‘’Tapi, pengendara yang tumben melintas, apalagi pada malam hari, lubang jembatan ini amat membahayakan. Perlu hati-hati,” ujarnya, Minggu(5/2).

Ia menambahkan, sekitar tiga tahun lalu di jembatan ini sempat ada jalan berlubang. Namun lubang jalan itu sudah ditambal dengan aspal hotmix oleh petugas Dinas PU. Jalan di timur jembatan yang menanjak sampai di pertigaan jalan Payangan-Kintamani, kini juga sudah mengelupas karena terus diterjang banjir hujan.

Ia dan warga lain mengusulkan agar pemerintah segera menambal lubang tersebut agar tak makin banyak warga terjatuh. Jembatan ini relatif padat arus kendaraan, karena merupakan jalur Payangan, Gianyar - Kintamani barat hingga wilayah Badung utara.

Dana Wirawan mengaku, salah seorang temannya saat mengendarai sepeda motor dari arah timur, I Wayan Suartawan asal Banjar Kebon, Desa Tegallalang, Gianyar, Sabtu (4/3), terjatuh di jalan berlubang itu. Ia terpelanting, hingga garpu depan sepeda motornya bengkok.

Kepala Dinas PU Gianyar Ir Nyoman Nuadi mengatakan, selama ini pihaknya belum menerima laporan tentang jembatan berlubang tersebut. ‘’Besok (Senin ini, Red), kami akan cek ke lokasi,’’ jelasnya. Pada bagian lain, ia menambahkan, pihaknya melalui staf Bina Marga Dinas PU sudah mengecek jalan jebol yang dilaporkan warga di Jalan Segara Wilis, Banjar Sema, Desa Pering, Blahbatuh, Gianyar. Jalan rusak yang ditandai dengan pohon pisang dan drum itu akan diperbaiki dengan APBD Gianyar 2017.  *lsa

Komentar