nusabali

PT Pos Kembalikan Ratusan Juta Dana BPNT

  • www.nusabali.com-pt-pos-kembalikan-ratusan-juta-dana-bpnt

Pegawai PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Karangasem berikan pelayanan jemput bola dengan mendatangi 11 desa/kelurahan.

AMLAPURA, NusaBaliPT Pos Indonesia Cabang Karangasem kembalikan dana bantuan pangan non tunai (BPNT) hingga ratusan juta rupiah. Pengembalian dana BPNT di Kecamatan Abang, Kecamatan Bebandem, dan Kecamatan Karangasem mencapai Rp 100,2 juta. Sedangkan di Kecamatan Kubu, Kecamatan Manggis, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Selat masih dihitung. Dana BPNT dikembalikan ke kas negara karena penerimanya meninggal dunia, pindah alamat, dan perekonomiannya membaik.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Karangasem, Ni Ketut Seriyani, mengatakan sejak perpanjangan pencarian BPNT tunai dari tanggal 4-11 Maret, memberikan pelayanan jemput bola dengan mendatangi 11 desa/kelurahan. Pegawai PT Pos bahkan sampai ke banjar dinas. PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Karangasem kembalikan dana BPNT sebesar Rp 34,8 juta. Dana BPNT sebesar Rp 34,8 juta untuk 58 keluarga penerima manfaat (KPM). “Bantuan tidak bisa dicairkan karena penerima bantuan meninggal dan tidak ada pewarisnya. Ada juga KPM pindah alamat,” jelas Seriyani.

Menurut Seriyani, dari 7.613 KPM sebanyak 58 KPM dananya dikembalikan. Dana BPNT tunai yang dikembalikan dari 11 desa masing-masing Desa Bugbug sebanyak 8 KPM, Desa Pertima sebanyak 2 KPM, Kelurahan Subagan sebanyak 11 KPM, Kelurahan Padangkerta sebanyak 7 KPM, Kelurahan Karangasem sebanyak 6 KPM, Desa Tumbu sebanyak 3 KPM, Desa Tegallinggah sebanyak 1 KPM, Desa Bukit sebanyak 2 KPM, Desa Seraya Barat sebanyak 1 KPM, Desa Seraya sebanyak 13 KPM, dan Desa Seraya Timur sebanyak 4 KPM. Terpisah, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Kecamatan Abang, I Wayan Hendra Kusuma Wijaya, mengatakan sementara terlacak sebanyak 58 KPM yang tidak bisa dicairkan. “Datanya masih terus dimutakhirkan, sementara ditemukan 58 KPM,” kata Hendra Kusuma.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Kecamatan Bebandem, I Ketut Merta, mengatakan 51 dari 3.481 KPM tidak bisa cairkan BPNT. “Kami telah cairkan bantuan BPNT secara tunai sebanyak 98,73 persen,” jelas Ketut Merta. Sedangkan Kepala PT Pos Cabang Pembantu Kecamatan Kubu, I Wayan Sudarma masih rekap laporan per banjar dinas BPNT yang belum bisa dicairkan. Bantuan di Kecamatan Kubu untuk 6.619 KPM tersebar di 9 desa. *k16

Komentar