nusabali

Kantor Pos Salurkan Bantuan PKH dan BPNT

  • www.nusabali.com-kantor-pos-salurkan-bantuan-pkh-dan-bpnt

AMLAPURA, NusaBali - Warga masyarakat Karangasem yang berstatus kurang mampu mulai menerima bantuan PKH (program keluarga harapan) dan BPNT (bantuan pangan non tunai), di Kantor Pos terdekat. Bantuan untuk tiga bulan pertama, Januari, Februari, dan Maret.

Brand Manager PT Pos Cabang Amlapura I Wayan Suyasa Mika yang mengkoordinasikan penyerahan bantuan PKH dan BPNT di Kantor PT Pos Amlapura, Jalan Gatot Subroto,  Amlapura, Kamis (11/5). Dia memaparkan, bantuan PKH dan BPNT itu penyerahannya terjadwal selama tiga hari, 11-13 Mei. Penyerahan bantuan untuk hari pertama, memanggil warga dari Kelurahan Karangasem, Desa Tumbu, dan Desa Bukit.

Berikutnya, lanjut dia, untuk dua kelurahan dan enam  desa lainnya, yang telah masuk daftar menerima bantuan PKH dan BPNT. “Kami belum bisa melaporkan berapa warga dapat bantuan PKH dan BPNT, masih cek dulu di aplikasi,” jelasnya.

Sebelumnya, jelas dia, telah mengirim data warga penerima bantuan melalui lurah dan perbekel, selanjutnya kepala lingkungan dan kelian banjar meneruskan kepada warganya.

Syarat warga terima bantuan, tidak bisa mewakilkan, mesti bawa e-KTP. Sebab, di daftar penerima bantuan telah tertera nama-nama penerima, agar cocok dengan e-KTP yang mereka bawa. “Bisa saja pihak anaknya mewakili menerima bantuan orang tuanya, asalkan membawa e-KTP, dan kartu KK. Nama anak bersangkutan tertera di kartu KK,” jelasnya.

Nantinya, kata Suyasa Mika, akhir jadwal penyerahan bantuan, jika ada warga penerima yang tercecer tidak bisa datang ke Kantor PT Pos, maka petugas mendatangi ke desa setempat. Petugas akan berkoordinasi dengan perbekel dan kelian banjar dinas atau kepala lingkungan.


Menurutnya, banyak penerima yang telah lanjut usia, secara fisik tidak kuat berjalan untuk datang ke Kantor PT Pos. Khusus untuk bantuan PKH, besarannya berbeda-beda, tergantung jumlah anak dalam keluarga sasaran. Warga I Nengah Ardana dari Banjar Ujung Tengah, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, mengaku menerima bantuan PKH Rp 450.000, untuk tiga bulan pertama. “Sebab, saya punya 2 anak,” ujarnya.

Berbeda dengan warga Made Kesir, dari Banjar Tumbu Kelod, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem menerima bantuan BPNT Rp 600.000, sebab, per bulan jatahnya Rp 200.000.

Brand Manager PT Pos Desa Padangbai Ni Ketut Seriyani mengaku telah membagikan bantuan PKH dan BPNT untuk 70 warga. "Secara teknis, tidak ada kendala saat melakukan pembagian bantuan itu," katanya.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem I Komang Daging, mengatakan mengenai data penerima bantuan PKH dan BPNT, semuanya telah tersalurkan ke Kantor Pos.

Data tersebut, papa dia, dari Kementerian Sosial, langsung terkirim ke Kantor Pos masing-masing. Sehingga I Komang Daging tidak mengetahui, seberapa banyak warga menerima bantuan PKH dan BPNT. "Nanti, laporan terakhir, pihak PT POS yang menembuskan laporannya," jelasnya.7k16

Komentar