nusabali

Pemkab dan DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2021

  • www.nusabali.com-pemkab-dan-dprd-gelar-paripurna-lkpj-bupati-tahun-2021

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab dan DPRD Klungkung menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Klungkung Tahun 2021, di gedung DPRD Klungkung, Selasa (8/3) pagi.

Dalam rapat paripurna ini dari eksekutif dipimpin langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Sedangkan dari legislatif dipimpin Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom.

Bupati Suwirta menyampaikan, pertumbuhan perekonomian Kabupaten Klungkung pada tahun 2021 minus 0,23 persen. Pertumbuhan perekonomian tahun 2020 mencapai minus 6,35 persen dan di atas pertumbuhan ekonomi provinsi Bali sebesar minus 2,47 persen. Dengan lapangan usaha pendukung utama struktur perekonomian Kabupaten Klungkung pada tahun 2021 adalah pertanian, kehutanan dan perikanan, konstruksi, dan usaha informasi dan komunikasi. "Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Klungkung pada tahun 2021 sebesar 71,75, meningkat dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 71,73," ujar Bupati Suwirta.

Mengenai realisasi Pendapatan Daerah pada tahun 2021 sebesar Rp 1,146 triliun, dari target pendapatan Tahun 2021 sebesar Rp 1,183 triliun, atau mencapai 96,83 persen.

Realisasi Belanja pada tahun anggaran 2021 mencapai Rp 1,154 triliun atau lebih rendah sebesar Rp 212,731 miliar lebih dari target sebesar Rp 1,366 triliun lebih.  

Pada Tahun 2021 penyelenggaraan urusan pemerintah daerah Kabupaten Klungkung terdiri dari urusan wajib pelayanan dasar yang terdiri 6 bidang, urusan wajib bukan pelayanan dasar terdiri 18 bidang, urusan pilihan terdiri dari 8 bidang, urusan pemerintahan fungsi penunjang yang terdiri dari 7 bidang dan urusan pemerintahan umum yang terdiri dari 184 program, 380 kegiatan dan 713 sub kegiatan.

"Keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan tersebut dilandasi dengan semangat Gema Santi telah terbukti membawa Kabupaten Klungkung diakui di tingkat nasional," kata Bupati Suwirta.

Pengakuan tingkat nasional itu, di antaranya ditetapkan sebagai Kabupaten dengan katagori inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2021.

Dapat meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 6 tahun berturut-turut.  Disamping keberhasilan yang telah dicapai, disadari masih ada kekurangan atau kelemahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Hal ini tidak terlepas dari berbagai keterbatasan dan kendala yang masih dihadapi. Untuk itu, dibutuhkan dukungan, kerjasama dan partisipasi aktif dari semua pihak, khususnya Anggota Dewan yang terhormat, dengan bersinergi mencari solusi atas segala permasalahan yang ada.

Jelas Bupati Suwirta, semua pencapaian terhadap keberhasilan maupun prestasi yang telah dicapai Pemkab Klungkung merupakan kerja keras bersama. "Saya mengucapkan terima kasih dan semoga keharmonisan dan kemitraan seluruh stakeholders di Kabupaten Klungkung dapat tetap terjalin lebih erat di masa yang akan datang. Dengan itu, maka terwujud Klungkung yang unggul dan sejahtera," harap Bupati Suwirta.*wan

Komentar