nusabali

Biaya Sendiri, Made Eppi Berlaga di Jateng Open

  • www.nusabali.com-biaya-sendiri-made-eppi-berlaga-di-jateng-open

JAKARTA, NusaBali - Peraih medali emas lompat tinggi PON 2021 Papua Ni Made Eppi Wilantika berlaga di Jawa Tengah (Jateng) Open pada 1-3 Maret 2022.

Ni Made Eppi berangkat dari Bali ke Jateng pada Minggu (27/2) ini. Di kejuaraan tersebut Made Eppi menargetkan meraih medali emas.

"Saya ke Jateng Open bersama tiga atlet lainnya. Kami didampingi pelatih Ketut Widiana," ujar Ni Made Eppi, Sabtu (26/2). 

Made Eppi ini mengikuti Jateng Open dengan biaya sendiri, karena Bali tidak mengirimkan atlet di kejuaraan tersebut, karena keterbatasan dana. Dia tidak masalah mengeluarkan dana sendiri demi mengikuti pertandingan. Apalagi, saat pandemi ini jarang sekali ada pertandingan. Untuk itu, dia ingin mengasah kemampuannya melalui Jateng Open.

Atlet yang baru saja lulus dari Jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Warmadewa ini juga sudah menyiapkan diri. Made Eppi berlatih ringan sejak akhir Desember 2021. Awal Januari 2022, latihan semakin intensif, yakni lima hari dalam seminggu. Lalu Rabu dan Sabtu libur. 

"Pagi hari saya latihan jogging. Sore hari saya latihan teknik lari dan gawang," kata Ni Made Eppi, yang kelahiran Abiansemal, Badung, 15 Februari 2000 ini. 

Meski latihan rutin, Ni Made Eppi tidak menargetkan lompatannya seperti di PON Papua yang mencapai 1,74 meter. Sebab dia baru berlatih sekitar dua bulan lebih untuk mempersiapkan diri ke Jateng Open. Sedangkan saat PON, dia telah menjalani latihan cukup lama.

"Walau begitu, saya tetap menargetkan juara dan meraih medali emas di Jateng Open," kata Ni Made Eppi, yang anak kedua dari dua bersaudara.

Soal persaingan, kata Ni Made Eppi, peraih medali perak dan perunggu PON Papua tidak ikut serta. Namun, ada peserta yang perlu diwaspadai yaitu atlet dari Jawa Timur (Jatim). Ni Made Eppi pernah kalah dari atlet Jatim itu pada Kejurnas 2016. Saat itu, atlet Jatim meraih medali emas dan dirinya medali perak. 

"Di Jateng Open nanti, saya harus menang dari dia agar menjadi juara," kata anak pasangan I Wayan Suatra dan Ni Nyoman Sukartini ini. Selanjutnya, usai Jateng Open Ni Made Eppi akan bergabung dengan Pelatnas atletik di Jakarta. Jumat (25/2) lalu, dirinya mendapat kabar atlet atletik yang baru dipanggil dipulangkan ke daerah masing-masing. 

Pasalnya, atlet yang berangkat ke SEA Games Vietnam adalah atlet peraih medali di SEA Games sebelumnya. Ni Made Eppi pun, batal masuk Pelatnas.

Ni Made Eppi menerima keputusan itu. Dia akan pulang ke Pulau Dewata setelah mengikuti Jateng Open. Kemudian berlatih kembali guna mempersiapkan diri, jika kelak mendapat panggilan masuk Pelatnas atletik. k22

Komentar