nusabali

Satgas Kecamatan Negara Kembali Galakkan Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-satgas-kecamatan-negara-kembali-galakkan-vaksinasi-covid-19

NEGARA, NusaBali
Jajaran Satgas Covid-19 Kecamatan Negara, Jembrana,  kini kembali menggalakkan percepatan vaksinasi Covid-19.

Upaya ini selain pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) dan memaksimalkan tracing, testing, dan treatment (3T), Guna mendekatkan pelayanan vaksiansi, dari pihak Satgas Covid-19 Kecamatan Negara, menggalakkan vaksinasi Covid-19 dipusatkan di balai banjar/lingkungan.

Seperti dilaksanakan Senin (14/2). Tim dari Puskemas Negara bersama jajaran Polsek Negara mengadakan gebyar vaksinasi di Balai Banjar Munduk, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana. Dalam gebyar vaksinasi itu, disediakan layanan vaksiansi bagi para masyarakat yang belum divaksin dosis I, II, maupun vaksiansi booster (vaksiansi dosis III). Termasuk disediakan vaksiansi untuk anak usia 6-11 tahun.

Sayangnya meski sudah berusaha mendekatkan pelayanan, partisipasi masyarakat untuk mengikuti vaksiansi di balai banjar itu, tergolong masih minim. Dalam kegiatan gebyar vaksinasi yang juga sempat dipantau langsung Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra itu, hanya diikuti 10 warga. Hasil memvaksin  10 orang warga itu pun sudah termasuk dengan warga yang sudah berusaha dijemput pihak Bhabinkamtibmas setempat agar mau datang ke tempat vaksin.

Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra mengatakan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belakangan turut meningkatkan, salah satu cara yang dianjurkan pemerintah adalah mengikuti vaksinasi Covid-19. Dirinya berharap para warga belum divaksin agar bisa segera mengikuti vaksiansi. "Dalam menghadapi pandemi ini, kita perlu bergerak bersama. Termasuk dalam kaitan vaksinasi, kita harapkan warga yang belum divaksin, agar segera mengikuti vaksinasi," ujarnya.

Terkait minimnya partisipasi masyarakat, sambung Kompol Sudarma Putra, diharapkan menjadi perhatian bersama. Pihaknya bersama dari pihak Puskesmas di Negara akan berusaha menjadwalkan ulang gebyar vaksiansi di banjar/lingkungan yang capaian vaksinasinya masih tergolong rendah.

Sesuai data Satgas Covid-19 Kabupaten Jembrana, per Minggu (14/2), dari sasaran vaksinasi 230.654 orang di Jembrana, untuk vaksinasi dosis 1 sudah mencapai sebanyak 259.535 orang atau 112,52 persen. Sementara untuk capaian vaksinasi dosis 2 sebanyak 220.939 orang atau 95,79 persen. Kemudian untuk capaian vaksinasi booster, sementara baru mencapai 19.205 orang atau 8,33 persen.*ode

Komentar