nusabali

Ketua PPNI Latih Yoga di Empat Lokasi

  • www.nusabali.com-ketua-ppni-latih-yoga-di-empat-lokasi

AMLAPURA, NusaBali
Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Karangasem, I Wayan Arsiawan Adi, bersama istrinya Ni Wayan Supartini melatih yoga di Pantai Banjar Bugbug Kelodan, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Jumat (28/1).

Peserta yoga yakni ibu-ibu PKK yang dikoordinasikan Ni Wayan Wita. Arsiawan juga melatih yoga di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Bale Budaya Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, dan di studio.

Arsiawan mengungkapkan, saat kasus Covid-19 melonjak, latihan yoga di empat lokasi berbeda ditiadakan. Arsiawan mengungkapkan, gerakan dasar yoga membuat tubuh segar. gerakan yoga dasar di antaranya Yoga Asanas, Candra Yoga, Candra, Yoga Namaskar, dan sebagainya. Tujuan yoga agar badan jadi bugar, meningkatkan imun tubuh karena ada gerakan pemijatan, terutama di kelenjar timus yang posisinya di dada.

Gerakan pemijatan di dada merangsang kelenjar timus agar lebih banyak memproduksi imun untuk kekuatan tubuh. Jika rutin yoga, yang lebih banyak dengan gerakan pernapasan bisa menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, menurunkan stres, otomatis imun tubuh naik. “Yoga untuk membakar lemak, mencegah sakit punggung dengan rutin melatih otot-otot di badan,” jelas Arsiawan.

Sementara instruktur Ni Wayan Supartini melatih ibu-ibu Desa Padangbai dengan pesertanya sebanyak 15 orang. Peserta di Desa Bugbug sebanyak 22 orang, dan di Lapangan Tanah Aron sebanyak 26 orang. Koordinator Yoga Desa Padangbai, Luh Budi Ardani. Selain yoga, rutin menggelar senam AWS3 di Lapangan Taman Budaya Candra Buana, Jalan Ngurah Rai Amlapura.  *k16

Komentar