nusabali

Kembali Nyaleg di DPRD Bali, Dr Somvir Usung Pembangunan SDM Melalui Pendidikan dan Spiritual

  • www.nusabali.com-kembali-nyaleg-di-dprd-bali-dr-somvir-usung-pembangunan-sdm-melalui-pendidikan-dan-spiritual

DENPASAR, NusaBali.com -Tokoh spiritual Dr Somvir kembali mencalonkan diri ke DPRD Bali untuk periode 2024-2029. Masih mengusung pembangunan SDM Bali yang berdaya saing melalui pendidikan dan spiritual, Dr Somvir optimistis mampu meraih kursi di DPRD Bali lewat Partai NasDem.

Praktisi yoga ini sebelumnya mempopulerkan Yoga Nusantara dan berkeinginan mewujudkan revolusi mental untuk memperkuat karakter dan moral kebangsaan, jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Menurutnya, Indonesia jika ingin menjadi negara maju dan kuat hendaknya mengembangkan konsep pembangunan jiwa agar bangsa ini sehat jiwa serta raganya menjauh dari ciri generasi hipokrit alias munafik. 

"Kita membutuhkan pemimpin yang mengalami revolusi hati, jiwa dan pikiran serta mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan umat secara universal," ungkapnya.

Ia meyakini kekuatan sumber daya manusia tidak hanya sekedar cerdas namun yang lebih penting adalah orisinalitas atau genuine dan berakhlak mulia. Sebagai pakar Yoga, Dr Somvir berinisiatif mengambil peran dan tanggung jawab untuk mewujudkan jiwa bangsa yang sehat melalui pendekatan Yoga Nusantara.

"Di era modern ini kita membutuhkan kekuatan mental, fisik dan spritual dalam meningkatkan kapasitas ketahanan nasional serta menghadapi kompleksitas perubahan yang dinamis dan cenderung tajam," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Ia memberi contoh penggalan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang menyebutkan “bangunlah jiwanya bangun lah badannya” yang mengandung makna yang sarat nilai-nilai kearifan lokal, budaya dan spritual. Hal ini mengingatkan bahwa betapa pentingnya membangun jiwa manusia Indonesia yang mulia, suci dan bersih, ujarnya.

Ia berharap agar etika, moral dan pengetahuan manusia Indonesia makin kuat dan paripurna untuk mengabdikan diri kepada tanah air, bangsa dan negara Indonesia, 

Sebelumnya, Dr Somvir yang dalam Pileg 2014 lalu maju tarung kursi DPRD Bali dari PDIP Dapil Buleleng, namun gagal lolos. Lantas, ia berhasil tembus DPRD Bali pada Pemilu 2019 lalu. Menariknya, dari persaingan ketat termasuk sejumlah incumbent, termasuk vokalis NasDem I Nyoman Tirtawan justru nama Dr Somvir lolos menduduki kursi DPRD Bali.

Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara Pileg 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Partai NasDem dapat 30.432 suara di Buleleng untuk kursi DPRD Bali. Dengan suara tersebut, NasDem kebagian jatah 1 kursi.

Nah, Dr Somvir meraih suara lebih banyak dari incumbent Nyoman Tirtawan, sehingga berhak mewakili NasDem lolos ke DPRD Bali Dapil Buleleng. Dr Somvir meraih lebih dari 10.000 suara. Sedangkan Nyoman Tirtawan, hanya meraih kisaran 7.000 suara, sehingga harus merelakan kursinya diambilalih dr Somvir. 

Selama pandemi Covid Dr Somvir sempat menyumbang bahan pokok 1 ton beras organik kepada warga Kabupaten Buleleng yang tersebar di sembilan desa pada 15 Mei 2020. 

Selain di Buleleng, Dr Somvir juga menyalurkan bantuan beras sebanyak 1 ton untuk meringankan beban warga yang menjalani isolasi rumah di Desa Adat Serokadan, Abuan Kecamatan Susut Kabupaten Bangli pada Selasa (12/5/2020). *isu

Komentar