nusabali

FIFA Matchday di Bali, Timnas Lawan Brunei dan Bangladesh

  • www.nusabali.com-fifa-matchday-di-bali-timnas-lawan-brunei-dan-bangladesh

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia memanfaatkan FIFA Matchday untuk menggelar laga uji coba di Bali. Sejauh ini PSSI membidik dua negara yang jadi lawan, yakni Bangladesh dan Brunei.

FIFA Matchday atau jeda internasional pertama tahun 2022 jatuh pada 24 Januari hingga 2 Februari. Setiap tim dapat menggelar dua laga uji coba dalam periode jeda internasional itu.

PSSI tak menyia-nyiakan jeda internasional lagi tanpa menggelar uji coba. Ujicoba itu bermanfaat agar Timnas mendapat pot yang lebih baik menjelang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas menjadi salah satu peserta Kualifikasi Piala Asia ini setelah mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1 pada playoff. Mengacu ranking FIFA terkini, Timnas ditempatkan di pot 4 untuk pengundian fase grup.

Sedangkan Bangladesh dan Brunei yang dipilih PSSI untuk ujicoba, karena levelnya di bawah Indonesia. Meski begitu, PSSI juga mengaku sempat mengincar negara kuat dari Asia Tengah.

"Tajikistan batal karena mereka belum punya pelatih untuk tim seniornya," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Kini PSSI memilih Bali sebagai lokasi laga uji coba. Sebelumnya, Timnas lebih banyak memainkan laga-laganya di Jakarta atau di kota-kota Jawa lainnya. Pemilihan Bali tak lepas dari Liga 1 2021 yang juga digelar di Denpasar dan Gianyar (Bali). Jika memilih lokasi lain, akan sulit buat PSSI mengatur perpindahan pemain Timnas saat pandemi Covid-19.

Sementara itu, skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dipastikan hanya menjalani masa karantina lima hari. Hal itu dikonfirmasi Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam rilisnya Rabu (5/1). Ya, PSSI mengajukan permohonan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Gugus Tugas Covid-19 terkait pelonggaran durasi karantina.

PSSI berdalih selama di Singapura pemain Timnas disiplin melakukan protokol kesehatan ketat. Permohonan itu dikabulkan sehingga para pemain Timnas dapat menyelesaikan masa karantina pada Jumat (7/1). Mereka langsung bergabung ke klub masing-masing.

"Infonya dapat dispensasi. Timnas sudah menjalani karantina di Singapura sehingga durasi karantinanya di Indonesia dapat dipercapat," kata Yunus Nusi.

Evan Dimas dkk tiba di Jakarta pada Minggu (2/1 dan langsung dikarantina di Hotel Sultan, Jakarta. Para pemain Timnas tetap disambut dengan kebanggaan saat tiba di Tanah Air. *

Komentar