nusabali

Jelang Nataru Lonjakan Penumpang Mulai Terlihat di Pelabuhan Sanur

  • www.nusabali.com-jelang-nataru-lonjakan-penumpang-mulai-terlihat-di-pelabuhan-sanur

DENPASAR, NusaBali
Dalam beberapa pekan terakhir terjadi lonjakan penumpang yang hendak menyeberang ke wilayah Pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan dari Dermaga Sanur, Denpasar.

Namun lonjakan itu hanya terjadi di akhir pekan di mana lonjakan bisa mencapai 10-25 persen.  Hal itu diungkapkan Staf kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Benoa Wilayah Kerja Sanur, Agus Prio Sudharma, Selasa (21/12). Menurutnya lonjakan itu terjadi ketika akhir pekan saja di mana para penumpang memilih akses melalui penyeberangan di Pantai Matahari Terbit, Sanur.

"Lonjakan penumpang itu terjadi dari pagi sampai pukul 09.00 Wita dan itu terjadi di akhir pekan saja. Kebanyakan penumpang didominasi wisatawan domestik yang berkunjung ke Nusa Penida, Nusa Lembongan maupun Nusa Ceningan," ujarnya. Dengan bertambahnya jumlah penumpang itu otomatis menambah armada juga. Dikatakan Agus Prio, jika di hari biasa boat yang berlayar sekitar 13 unit, namun saat akhir pekan bisa mencapai 15-17 unit boat.

Mengenai antisipasi libur Nataru, pihaknya mengaku tidak akan menambah jumlah armada, mengingat saat lonjakan saja, masih banyak armada atau boat yang menganggur. Untuk pengawasan prokesnya, pihak syahbandar tetap meminta penumpang menunjukkan persyaratan seperti surat keterangan negatif Covid-19, vaksinasi, scan aplikasi PeduliLindungi dan prokes lainnya.

"Termasuk juga antisipasi cuaca dengan berkoordinasi dengan pihak BMKG," imbuhnya. Seperti diketahui di tengah menurunnya kasus Covid-19 di Bali, khususnya di Kota Denpasar, destinasi wisata kini ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya dengan memilih jalur laut dengan berangkat melalui jalur Pantai Matahari Terbit sebagai akses menuju tujuan wisata seperti di Nusa Penida, Nusa Lembongan maupun Nusa Ceningan. *mis

Komentar