nusabali

Pemudik Sepeda Motor di Gilimanuk-Ketapang Dikawal Polisi

  • www.nusabali.com-pemudik-sepeda-motor-di-gilimanuk-ketapang-dikawal-polisi

JAKARTA, NusaBali.com - Korlantas Polri akan memberikan pengawalan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor di area penyeberangan Gilimanuk-Ketapang. Hal ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas di pelabuhan saat arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445H/2024.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan, pengawalan ini akan dilakukan secara berkelompok dan dikawal oleh petugas sampai ke tujuan.

"Kami akan melakukan pengawalan untuk saudara-saudara kita yang menggunakan roda dua. Dilakukan secara berkelompok. Nanti dikawal oleh petugas sampai ke tujuan, berlaku untuk di penyeberangan Merak-Bakauheni, kemudian di Ketapang-Gilimanuk," kata Aan dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Kepala Bagian Operasi (Kabagop) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi menambahkan, pengawalan ini akan dilakukan sesuai dengan keperluan pemudik, termasuk saat menuju ke pelabuhan.

"Secara umum, kami akan melakukan pengawasan sesuai dengan keperluannya termasuk pada saat mau menuju ke pelabuhan," kata Eddy.

Eddy menjelaskan, tujuan dari pengawalan ini adalah untuk menjaga ketertiban dan keselamatan pemudik di jalan raya.

"Itu tentunya (untuk ketertiban) dan keselamatan bagi pemudik," kata Eddy.

Pemerintah telah memastikan bahwa Idul Fitri 1445H/2024 jatuh pada tanggal 10 April. Diprediksi ada 193 juta orang yang melakukan mudik.

Dari 193 juta orang tersebut, sebanyak 61,6 juta masyarakat diperkirakan akan mudik ke Jawa Tengah, 37 juta ke Jawa Timur, 32 juta ke Jawa Barat, 11 juta ke Yogyakarta, dan 6,4 juta ke DKI Jakarta.

Pemberian pengawalan bagi pemudik motor di Gilimanuk-Ketapang diharapkan dapat membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. *ant

Komentar