nusabali

Bali Rugby Series Opener Festival 2021 Digelar di Amlapura

  • www.nusabali.com-bali-rugby-series-opener-festival-2021-digelar-di-amlapura

AMLAPURA, NusaBali
Pengprov PRUI (Persatuan Rugby Union Indonesia) Bali, menggelar Bali Rugby Series Opener Festival 2021, di Lapangan Yowana Wijaya Jalan Untung Surapati Amlapura, Minggu (19/12).

Gelaran ini juga akan mengundang seluruh Pengkab PRUI Kabupaten/Kota se-Bali.Selain itu, dihadirkan Tim Rugby Jakarta, untuk meramaikan dalam bentuk eksebisi.

Ketua Pengkab PRUI Karangasem I Nengah Sudana Wiryawan, mengaku siap memfasilitasi tempat bertanding. Kepada NusaBali hal itu diungkapkan di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (14/12).

Sudana Wiryawan memaparkan, sesuai surat undangan dilayangkan Pengprov PRUI Bali Nomor 035/PRUI.8/K/II/2021, per 29 November 2021, ditandatangani Ketua I Made Erawan, mengundang seluruh Pengkab PRUI se-Bali, agar ikut ambil bagian dalam pertandingan, baik nomor putra maupun putri.

Nantinya yang dipertandingkan, nomor X (five-a-side), nomor 7s (sevens), dan nomor 10s (tens), putra dan putri. Tujuan festival itu untuk mensosialisasikan olahraga rugby, hingga ke tingkat kabupaten. Olahraga tersebut tidak ada bedanya dengan sepakbola, hanya saja menggunakan tangan, sedangkan ukuran lapangannya sama persis, hanya bagian tiang gawang lebih tinggi, yakni tinggi tiang gawang 3,4 meter jarak di antara tiang gawang 5,6 meter.

Sedangkan panjang lapangan 94 meter-100 meter, lebar 68 meter-70 meter, dengan bola berbentuk oval, panjang bola 280 mm-300 mm, keliling 740 mm-770 mm, dan diameter 580 mm-620 mm, berat 410 gram-460 gram.

Dalam memainkan olahraga rugby katanya, satu regu dibagi dua bagian, pemain depan berfungsi sebagai penyerang dan pemain belakang bertahan.

Guna menghindari cendera, karena olahraga ini paling sering berbenturan fisik, maka setiap pemain diwajibkan: memakai pelindung tulang kering, sarung tangan, pelindung gigi, pelindung kepala dan lain-lain.

"Lamanya pertandingan tergantung jumlah pemain," katanya. Untuk satu regu terdiri dari 7 orang, maka bermain selama 2 x 7 menit, istirahat 2 menit, dan pergantian pemain tiap regu diperbolehkan sebanyak 5 kali. Begitu juga untuk pemain tiap regu jumlahnya 10 orang, lamanya bermain 2 x 10 menit, istirahat 2 menit, dan pergantian tiap regu diperbolehkan sebanyak 5 kali. "Pemain sekali cetak gol, dapat point 3 angka," tambahnya.

Khusus untuk Karangasem sementara hanya ambil bagian di nomor putra. Sebab, masih kesulitan atlet putri. Karangasem sementara baru memiliki 4 atlet putri, masih kurang jika ambil bagian di nomor five-a-side.  Adanya festival ini lanjut Sudana Wiryawan, berharap untuk memotivasi kalangan pemuda-pemudi Karangasem lebih banyak berminat olahraga rugby. *k16

Komentar