nusabali

Terkena Abrasi, Pos Pantau Balawista Segera Diperbaiki

  • www.nusabali.com-terkena-abrasi-pos-pantau-balawista-segera-diperbaiki

MANGUPURA, NusaBali
Pos Pantau Balawista di Pantai Kuta yang tergerus abrasi akan diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten Badung.

Hal ini ditegaskan usai tim dari unsur Dinas Pariwisata (Dispar), BPBD, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), meninjau lokasi pada Rabu (8/12) siang.

Kepala Bidang DTW Dispar Badung Made Sukayasa, menjelaskan hasil pengecekan lapangan memang terjadi kerusakan akibat abrasi pada Pos Pantau Balawista itu. Namun, secara keseluruhan kondisi bangunan dinilai masih kuat, walau pada bagian fondasi depannya sedikit tergerus.

“Sesuai rapat dengan Pak Sekda, sedang diupayakan proses penanganan. Baru sampai di sana saja,” kata Sukayasa.

Hingga saat ini masih belum bisa dipastikan soal anggaran perbaikan pos Pantau Balawista tersebut. Namun demikian, akan diupayakan dari Belanja Tidak Tertuga (BTT) kebencanaan. “Jadi masih sedang diupayakan untuk penanganan pos itu,” ucapnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kadisparda Badung Cokorda Raka Darmawan, kondisi kerusakan pada Pos Pantau Balawista tersebut sudah dilaporkan dan dirapatkan dengan pimpinan. Keputusannya, kata dia, pos tersebut harus segera diperbaiki. “Ini termasuk darurat bencana. Untuk anggarannya nanti akan diambil dari BTT,” kata birokrat asal Gianyar itu.

Untuk diketahui, kondisi Pos Pantau Balawista yang ada di Pantai Kuta, Badung mengalami kerusakan pada bagian fondasinya. Hal ini dikarenakan selama sepekan belakangan ini terjadi banjir Rob. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pos tersebut dipasangi tali rafia agar tidak ada yang mendekat. Sementara, seluruh isi di dalam pos sudah dievakuasi ke lokasi yang aman. *dar

Komentar