nusabali

Spanyol, Kroasia, dan Serbia Lolos ke Qatar

  • www.nusabali.com-spanyol-kroasia-dan-serbia-lolos-ke-qatar

SEVILA, NusaBali
Spanyol akhirnya menyegel tiket ke Piala Dunia 2022, usai mengalahkan Swedia 1-0.

Langkah Tim Matador diikuti dua tim Balkan, yakni Kroasia dan Serbia.  Dengan tambahan tiga tim tersebut, kini sudah sembilan tim yang berangkat ke Qatar. Enam tim lainnya, yakni Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Brasil, dan tuan rumah Qatar.

Spanyol menjamu Swedia di Estadio La Cartuja, Sevilla, dalam laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (15/11) dinihari WITA. Tim Matador hanya butuh hasil imbang untuk menyegel tiket ke Qatar. Di sisi lain, Swedia harus menang agar menjadi juara Grup B.

Gol tunggal Alvaro Morata di menit-menit akhir babak kedua sudah cukup untuk membawa Spanyol mengakhiri Kualifikasi sebagai juara Grup B dengan 19 poin. Sedangkan, Swedia finis di peringkat kedua dengan poin 15 harus melanjutkan laga di babak play-off.

Sedangkan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia juga memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, usai mengalahkan Rusia 1-0, Minggu (14/11) malam WITA.

Sebelum laga di Stadion Poljud ini, Kroasia sejatinya masih di peringkat dua klasemen Grup H Kualifikasi Zona Eropa dengan selisih dua poin dari Rusia di puncak.

Kroasia sukses mengandaskan Rusia berkat gol yang lahir pada menit ke-81 dari bunuh diri bek kiri Rusia, Fedor Kudryashov. Tim asuhan Zlatko Dalic pun sukses menyalip Rusia di klasemen akhir.

Sedangkan Rusia, yang menempati posisi kedua dengan 22 poin, harus menempuh kemenangan lewat jalur playoff apabila ingin menyusul Kroasia ke Qatar.

Sementara Serbia secara luar biasa memastikan kelolosan ke putaran final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal 2-1 di Estadio da Luz, Senin (15/11) dinihari WITA.

Berkat hasil itu, Serbia mengakhiri Kualifikasi ini dengan status juara Grup A berbekal poin 20, dan Portugal yang finis sebagai runner-up dengan poin 17 harus mengadu nasib di babak play-off.

Makedonia Utara di ambang sejarah tampil perdana di putaran final Piala Dunia 2022, usai lolos fase playoff kualifikasi zona Eropa. Hal itu dicapai setelah Makedonia menang 3-1 atas Islandia pada laga Grup J zona Eropa di Stadion Tose Proeski Arena, Skopje, Senin dinihari WITA. Makedonia finis di posisi kedua klasemen akhir Grup J dengan 18 poin. *ant

Komentar