nusabali

Portugal Gagal Lolos Langsung

Teteskan Air Mata, Ronaldo Tolak Bersalaman

  • www.nusabali.com-portugal-gagal-lolos-langsung

Salah satu alasan Portugal kalah, karena CR7 tampil buruk. Dia gagal membuat gol dan bahkan dari tiga tendangan ke gawang, semua gagal menemui sasaran.

LISBON, NusaBali

Portugal gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Serbia 1-2. Performa buruk Cristiano Ronaldo mempengaruhi penampilan Selecao das Quinas, saat menjamu Serbia pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Estadio da Luz, Senin (15/11) dinihari WITA.

Hanya butuh hasil imbang untuk lolos, Portugal langsung tampil agresif. Hasilnya pada menit kedua, Renato Sanches membawa Portugal memimpin 1-0. Tapi, setelah itu tuan rumah malah kesulitan mencetak gol dan beberapa kali direpotkan serangan Serbia.

Tim tamu akhirnya menyamakan 1-1 di menit ke-33 lewat Dusan Tadic. Skor 1-1 bertahan sebelum bencana datang untuk Portugal di menit ke-90.  Crossing Tadic menuju Aleksandar Mitrovic di kotak penalti dan disundul ke sudut gawang Rui Patricio. Portugal pun kalah 1-2 dan gagal lolos langsung ke Qatar 2022.

Portugal yang tadinya memimpin klasemen harus puas finis kedua dengan 17 poin, kalah tiga poin dari Serbia. Penampilan jelek juara Euro 2016 itu jadi penyebabnya, karena hanya tiga dilepaskan dari total 9 kali on target.  Sedangkan Serbia yang punya tiga shot on target, namun lebih agresif dengan 11 shot on  target.

Salah satu alasan Portugal kalah, karena Ronaldo tampil buruk. CR7 gagal membuat gol dan bahkan dari tiga tendangan ke gawang, semua gagal menemui sasaran. Ini jadi kali pertama Ronaldo mengalaminya di kualifikasi Piala Dunia 2022. Ronaldo adalah top skorer Portugal di kualifikasi dengan enam gol.

Selain itu, Serbia juga jadi tim kedua yang mengalahkan Portugal di kandang pada partai kualifikasi Piala Dunia dalam 28 tahun terakhir. Terakhir Portugal kalah di kandang dari Denmark 2-3 pada 2008.

Kini Portugal saja tak lolos ke Piala Dunia di Qatar jika gagal memenangi laga play-off, yang pengundiannya pada 26 November dan duel dilaksanakan pada Maret 2022.

Usai timnya kalah, Ronaldo terlihat meneteskan air mata. Dia juga mengutarakan kekesalannya kepada pelatih Fernando Santos. Usai laga berakhir, saat semua staf dan pemain saling berjabat tangan. Santos pun menghampiri Ronaldo. Namun  striker Manchester United itu menolak bersalaman.

Eks pemain Real Madrid dan Juventus itu bahkan bertolak pinggang tepat di hadapan pelatihnya sendiri. Dia tampak kesal mengapa Portugal kalah di kandang sendiri dan memupus peluang lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar. *ant'

Komentar