nusabali

Covid-19 Landai, Pengunjung Pasar Galiran Membeludak

  • www.nusabali.com-covid-19-landai-pengunjung-pasar-galiran-membeludak

SEMARAPURA, NusaBali
Suasana Pasar Galiran Klungkung pada H-3 jelang Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (10/11), tampak dijejali pengunjung, Minggu (7/11) pagi.

Dibandingkan jelang Galungan lalu, keramaian pasar ini kini dapat diduga karena kasus pandemi Covid-19 terus melandai.  

Kondisi itu tampak pada areal parkir sepeda motor di pasar yang sangat penuh kendaraan. Sebagian sepeda motor terlihat parkir di luar areal pasar. Hal ini diperkirakan imbas dari peningkatan pedagang di pelataran yang baru. Mereka sebagaian besar pedagang dadakan karena kena PHK akibat dampak pandemi Covid-19.

Meski terbilang ramai, keamanan dan kenyamanan pasar tetap terjaga. “Mungkin banyak warga yang selama ini merantau, sekarang pulang kampung dan berdagang sarana Hari Raya Galungan,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, saat keliling memantau situasi Pasar Galiran, Minggu kemarin.

Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa dan Kepala UPT Pasar Semarapura I Komang Sugianta. Bupati  mengatakan, pemantauan dilakukan mulai dari blok A tempat pedagang buah hingga ke sisi selatan tempat para penjual hewan ternak, seperti ayam, bebek dan babi.

Pasar Galiran merupakan pasar terbesar di Bali timur, dan banyak warga dari Karangasem, Bangli, Gianyar dan Klungkung banyak datang untuk berjalan maupun belanja. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan ini juga memantau ketaatan masyarakatnya dalam menerapkan protokol kesehatan. "Banyak juga tadi saya lihat pedagang tidak menggunakan masker atau pun penggunaannya salah, hidungnya tidak ditutupi dan turun ke dagu, saya terus pantau dan ingatkan, bagaimana cara memakai masker yang benar," ujar Bupati Suwirta.

Selain penerapan protokol kesehatan, Bupati Suwirta juga mengingatkan kepada pedagang dan pengunjung agar tetap berhati-hati membawa tas atau dompet untuk menghindari terjadinya pencopetan. Melalui perayaan hari suci ini, Bupati berharap seluruh umat selalu diberikan kekuatan dan keselamatan serta pikiran tenang untuk bersama-sama menjalankan kewajiban sebagai umat manusia.

“Pada kesempatan ini pula saya selaku pribadi dan Pemkab Klungkung mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan swadarma kita,” ujar Bupati Suwirta.*wan

Komentar