nusabali

Wisman Nihil, Wisdom Mulai Datangi DTW

  • www.nusabali.com-wisman-nihil-wisdom-mulai-datangi-dtw

DENPASAR,NusaBali
Daya tarik wisata atau DTW mulai didatangi pelancong menyusul dibukanya Bali untuk wisman.

Hanya saja pengunjung yang datang adalah wisatawan domestik, yang sebagian besar warga lokal. Sedangkan wisatawan manca negara(wisdom)masih nihil.

"Dari sebelumnya sepi, sekarang sudah mulai ada kunjungan," ujar I Made Mohon, Ketua Pengelola DTW Monkey Forest Sangeh di Desa/Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Minggu (17/10).

Jumlah pengunjung masih kecil, dibandingkan ketika kondisi pariwisata Bali masih normal sebelum pandemi Covid-19.

"Kadang satu bus, jumlahnya paling 40 sampai 50 -an orang," ungkap Mohon. Selisih  yang lumayan jauh dengan jumlah pengunjung ketika sebelum pandemi. Dikatakan Mohon, sebelum pandemi kunjungan wisatawan ke DTW Sangeh sampai ratusan  pengunjung setiap hari. Setelah pandemi, semakin berkurang dan sepi.

"Namun sekarang yang penting sudah lah mulai ada kunjungan ," kata Mohon. Sedangkan di DTW Serangan di Denpasar Selatan aktitas wisata juga belum menggeliat signifikan. Terutama penyeberangan dengan tujuan perairan Nusa Penida dan Gili Terawangan, Lombok, NTB, belum ada.

"Mungkin mereka (operator boat) masih persiapan," ujar I Nyoman Turut, dari pihak pengelola Pelabuhan Sira Angen, Serangan.

Namun demikian penyeberangan atau pelayaran dengan boat kecil ada saja. "Paling muat 10 sampai 15 orang, " ungkap Turut. Sedangkan wisatawan yang datang dengan jumlah  masif seperti sebelum pandemi, untuk saat ini belum. "Memang sudah ada kunjungan, tetapi sedikit, "ujar Turut. *k17

Komentar