nusabali

Hotel Tempat Karantina Wisman Ditambah 20 Lagi

  • www.nusabali.com-hotel-tempat-karantina-wisman-ditambah-20-lagi

MANGUPURA, NusaBali
Jelang dibukanya penerbangan internasional sejumlah persiapan terus dilakukan, salah satunya hotel yang nantinya dimanfaatkan untuk lokasi karantina.

Saat ini sudah ada 35 hotel yang disiapkan, namun ada rencana penambahan 20 hotel lagi dalam waktu dekat, sehingga menjadi 55 hotel untuk karantina wisman. Kepala KKP Kelas I Denpasar Jefri Hasurungan Sitorus, mengatakan jumlah hotel karantina yang disiapkan di Bali sampai saat ini sebanyak 35 hotel. Namun, kata dia, saat ini disiapkan tambahan 20 hotel lagi. Bahkan, hotel-hotel itu sudah diverifikasi. “Tahap pertama akan disiapkan lagi tambahan sebanyak 20 hotel, sehingga total 55 hotel semuanya,” katanya.

Apabila hotel yang disiapkan sebagai tempat karantina tidak mencukupi, maka akan ditambah lagi. “Idealnya tergantung jumlah wisatawan yang masuk,” tegas Jefri.

Untuk itu, kata dia, seperti yang disampaikan oleh Kemenkes, jumlah kamar yang disiapkan untuk karantina sementara bagi wisman, harus 8 kali jumlah wisman yang datang ke Bali di hari itu. Sedangkan untuk jumlah staf yang berjaga disesuaikan dengan shif. “SDM yang diturunkan di bandara, 1 shift itu 30 orang, di hotel karantina sebanyak 24 orang dibantu tenaga dari hotel,” jelas Jefri.

Terkait masa karantina, Jefri mengatakan kalau idealnya waktu karantina untuk wisman yang baru tiba di Bali adalah 14 hari. Tapi melihat serta mempelajari situasi, sehingga pemerintah pusat sudah mengambil langkah tengah, yaitu 8 hari masa karantina.

“Untuk karantina keputusan pemerintah, masih tetap 8 hari. Siapa tahu dalam waktu dekat ada perubahan akan kembali disampaikan. Tapi kalau idealnya memang 14 hari,” tandas Jefri.

Untuk diketahui, sebelumnya BPD PHRI Bali memastikan ada 35 hotel yang siap sebagai tempat karantina bagi wisman yang tiba di Bali. Selain itu, ada 62 hotel lagi yang siap untuk diverifikasi sebagai tempat karantina.

Menurut Wakil Ketua BPD PHRI Bali I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, Rabu (6/10), hotel-hotel tersebut mulai dari hotel bintang 3, bintang 4, bintang 5, hingga premium. Gambaran tarifnya mulai dari Rp 10 juta, Rp 15 juta, Rp 20 juta, sampai Rp 30 juta. Fasilitasnya mulai dari kamar, makan pagi, makan siang, makan malam, laundry 2 kali, hingga paket tes PCR. *dar

Komentar