nusabali

Wisatawan ke Pantai Pandawa Membeludak

Empat Hari Tembus 38.073 Pengunjung

  • www.nusabali.com-wisatawan-ke-pantai-pandawa-membeludak

MANGUPURA, NusaBali - Pantai Pandawa masih menjadi destinasi favorit para wisatawan selama libur Lebaran tahun ini. Objek wisata yang terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan yang terkenal dengan pasir putih dan tebing kapurnya ini mencatat kunjungan membludak dengan total 38.073 pengunjung dari 10 hingga 13 April 2024. Pengujung didominasi besar berasal dari wisatawan domestik (wisdom).

Manager Pengelola Objek Wisata Pantai Pandawa I Wayan Letra, mengatakan jumlah pengunjung menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan hari-hari biasa yang rata-rata hanya mencatat 2.500 hingga 3.000 kunjungan. “Ini menandakan peningkatan sekitar 20 persen dari rata-rata kunjungan. Kebanyakan pengunjung adalah keluarga yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya dari Pulau Jawa,” ujar Letra pada Minggu (14/4) pagi.

Menurut Letra, distribusi kunjungan selama empat hari mencerminkan tren yang menarik. Dia merinci dimulai dengan 7.873 pengunjung pada 10 April 2024, lalu 9.721 pengunjung pada 11 April, kemudian pada 12 April mencapai 9.530 pengunjung dan puncaknya pada 13 April mencapai 10.949 pengunjung.

Walaupun pengunjung masih didominasi wisdom, bukan berarti tidak ada sama sekali wisatawan mancanegara (wisman). Letra menyebutkan, jika kunjungan wisman juga banyak terlihat, kebanyakan berasal dari Rusia, India, Australia, dan China. “Keadaan ini didukung oleh cuaca cerah berawan yang membuat pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama menikmati keindahan pantai,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, DTW Pantai Pandawa kini memiliki dua pintu masuk utama, yaitu gate utama Pandawa dan gate Tanah Barak, dengan akses ke Pantai Timbis yang juga terletak dalam kawasan yang sama. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekali untuk bisa mengunjungi ketiga pantai tersebut.

Tarif tiket sangat terjangkau, dengan Rp 8.000 untuk dewasa domestik dan Rp 4.000 untuk anak-anak domestik. Sedangkan untuk wisman, tarifnya adalah Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

“Pintu masuk hanya 2 yaitu gate utama Pandawa dan tanah barak, jika ke Pantai Timbis ada dalam kawasan dan pengunjung hanya cukup bayar di depan saja. Kalau sebaran kunjungan di dalam kawasan hampir merata,” ungkapnya.

Letra mengatakan, pihaknya sebagai pengelola DTW Pantai Pandawa berharap kedatangan wisatawan akan terus meningkat, termasuk dari kalangan wisman. “Harapan kami sebagai pengelola destinasi wisata semoga dengan semakin stabilnya ekonomi dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata ke Bali, khususnya ke Pantai Pandawa,” harapnya. 7 ol3

Komentar