nusabali

Atlet Binaraga Kurangi Air

Demi Tonjolkan Otot dan Serat Tubuh

  • www.nusabali.com-atlet-binaraga-kurangi-air

DENPASAR, NusaBali
Dua atlet binaraga Bali M Zainudin di kelas 65 kg, dan Erwin Adianto di kelas +85 kg  mulai mengurangi kandungan air menjelang berlaga di PON XX/2021 Papua.

Pengurangan itu jadi tahapan program jelang tampil pada 4 Oktober. Pengurangan air dilakukan secara bertahap, hingga benar-benar tanpa minum air saat hari H lomba.

Hal itu diungkapkan pelatih binaraga Bali, Wayan Bun Setiady di Denpasar, Selasa (21/9).  Menurutnya, tujuan pengurangan air agar mencari otot lebih tajam dan badan kelihatan  lebih berotot dan berserat. Hal itu terbiasa dilakoni persiapan atlet Binaraga menjelang bertanding.

"Pengurangan air ini secara ilmiah memang aneh. Tapi dunia olahraga sudah biasa. Saat Pra PON saya gunakan program pengurangan kadar air," kata Bun Setiady, yang juga Ketua Umum Pengprov PBFI Bali itu .

Bun Setiady memastikan pengurangan air tidak dilakukan secara langsung dalam jumlah banyak, tapi secara perlahan. Contohnya, atlet awalnya terbiasa minum satu botol sehari  dikurangi seperempat, dikurangi setengahnya, dikurangi 3/4 sampai menjelang timbang badan dan bertanding dikurangi terus.

Bun Setiady pun mengungkapkan untuk pengganti air adalah buah. Makanya, atlet hanya diperkenankan memakan buah. Ini manfaatnya untuk mengurangi kadar air di bawah kulit.

"Jangan heran dengan hal ini. Makanya berat badan cepat bisa berubah," kata Bun Setiady, yang asal Peliatan Ubud Gianyar itu.

Dia menambahkan, saat ini serat atlet yang lebih menonjol yakni M Zainudin. Sedangkan Erwin dikelas atas  cenderung mencari ukuran dia bertanding. *dek

Komentar